Kopi Ternyata Juga Mampu Meredakan Stress

DokterSehat.Com – Jika kita berbicara tentang makanan atau minuman yang mampu membuat kita terbebas dari stress, maka kita tentu akan berpikir tentang cokelat atau bahkan teh hijau. Namun penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan menyebutkan jika kopi ternyata juga mampu membuat kita terbebas dari masalah psikologis ini. Hanya saja, kopi yang harus kita nikmati adalah kopi hitam, bukan kopi yang kaya akan kandungan susu, gula, hingga krim.

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

Kopi hitam yang memiliki kadar gula yang rendah diketahui sangat baik bagi kesehatan mengingat kemampuannya untuk melawan diabetes dan beberapa jenis kanker. Penelitian yang dilakukan di Harvard University juga mengungkapkan jika mengkonsumsi kopi secara rutin akan mampu membuat fungsi memori di otak meningkat dan membuat kita mampu mengurangi stress dan bahkan meredakan depresi. Penelitian yang mempelajari data lebih dari 200 ribu orang yang diketahui mengalami berbagai tingaktan stress dan depresi ini juga mengungkapkan jika kopi ternyata secara efektif meningkatkan harapan hidup bagi banyak sekali pasien yang terkena depresi.

Dari penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang mengalami masalah depresi namun rutin meminum dua hingga empat cangkir kopi hitam setiap harinya akan menurunkan resiko bunuh diri hingga 50 persen. Bahkan, bagi mereka yang tidak memiliki resiko bunuh diri, kopi diyakini sangat efektif menurunkan tingkat depresi seseorang dimana wanita yang rutin mengkonsumsi setidaknya dua cangkir kopi hitam setiap harinya akan menurunkan resiko mengembangkan depresi hingga 15 persen.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini meyakini jika kandungan di dalam kopi hitam rendah gula mampu membuat tubuh melepaskan lebih banyak endorphin. Padahal, endorphin ini memiliki peran yang setara layaknya obat antidepresan. Jadi, jika kita mengalami hari yang berat atau mulai merasakan stress, cobalah untuk meminum kopi untuk meredakannya.