DokterSehat.com – Kopi, teh, atau decaf! Apapun pilihan Anda, mengonsumsi salah satu jenis minuman itu dapat menekan risiko mengidap diabetes, demikian hasil analisa terbaru 18 studi yang melibatkan ratusan ribu orang.
Kajian terhadap suatu riset pada 2005 lalu menyimpulkan, orang yang meminum kopi paling banyak menghadapi kemungkinan tiga kali lebih kecil mengidap diabetes dibanding mereka yang paling sedikit meminum kopi, kata Dr Rachel Huxley dari University of Sydney, Australia.
Beberapa tahun sejak itu, jumlah penelitian mengenai hubungan kopi dan risiko diabetes meningkat lebih dari dua kali lipat. Sementara studi lainnya menunjukkan bahwa teh dan kopi non-kafein mungkin juga bersifat mencegah.
Untuk memperbarui bukti tersebut, Huxley dan timnya menganalisis 18 riset yang mengaitkan kopi, decaf, dan teh, dengan resiko diabetes tipe 2 yang dipublikasikan antara 1966-2009 dan melibatkan 459.000 orang.
Diabetes tipe 2, yang seringkali dikaitkan dengan obesitas, diderita hampir 8 persen penduduk AS, menurut “US National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases”.
Dari tiap secangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari, para ahli mencatat risiko seseorang terserang diabetes berkurang sebanyak tujuh persen. Pada keenam studi itu, yang meneliti kopi non-kafein, para peneliti mendapati, orang yang mengkonsumsi lebih dari tiga atau empat gelas kopi per hari memiliki risiko diabetes 36 persen lebih rendah.
Dalam tujuh studi yang meneliti kebiasaan minum teh dan risiko diabetes, orang yang minum lebih dari tiga atau empat gelas per hari menghadapi risiko 18 persen lebih rendah untuk terserang diabetes.
Menurut catatan Huxley dan timnya, analisis saat ini mungkin terlalu memperbesar estimasi dampak minuman itu terhadap risiko diabetes karena faktor statistik dengan skala studi yang lebih kecil. Juga tak mungkin untuk mengatakan dari bukti saat ini bahwa pecandu berat kopi dan teh serta minuman non-kafein tak memiliki karakteristik lain yang mungkin melindungi mereka dari diabetes, semisal diet yang lebih sehat.
Fakta bahwa dampak yang terlihat dari decaf, kopi dan teh seperti nyata, semua itu bukan hanya pada kafein semata, tapi mungkin juga berkaitan dengan bahan lain yang ditemukan pada minuman itu. Sebagai contoh magnesium, lignan –bahan kimia mirip estrogen yang ditemukan pada tanaman– atau asam klorogenik –yang merupakan antioksidan yang memperlambat terlepasnya gula ke dalam darah setelah makan.
Riset klinis dibutuhkan guna menyelidiki apakah memang minuman itu membantu mencegah diabetes. Jika manfaat itu terbukti benar, para dokter mungkin dapat mulai menasehati pasien yang berisiko diabetes bahwa bukan hanya harus olahraga dan mengurangi berat badan, tapi juga minum teh dan kopi.
Sumber : Antara
RSS feed for comments on this post. TrackBack URL
May 1st, 2010 at 9:30 am
emng bisa yach.. ??
bukan’a diabetes itu hrus mengurangi yg manis kan..?
sedangkn teh, kopi atw decaf kan pasti menggunakan gula..
Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju:
6
0
June 16th, 2010 at 12:24 pm
KAlau minum kopi & teh pake gula selusin yah sama aja…
Setuju atau Tidak Setuju:
2
0
July 30th, 2010 at 8:40 pm
Wah nambah deh ilmu lagi nih. Thanx.
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0
December 18th, 2010 at 2:34 pm
Wa, setuju dgn num teh dan kopi sja ” dgn kadar gula yg seimbang” mampu mengurangi resiko terkena diabetez…..
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0
February 15th, 2011 at 5:57 pm
.
koffe…?!truz ksehatan jantungnya gimana dong..??!
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0
October 16th, 2011 at 7:50 am
Ternyata ada pengobatan alternatif di suatu daerah Jateng yg metode penyembuhannya harus minum teh manis hangat sebanyak-banyaknya,penderita DM yg sdh membusuk hrs dipotong kakinya disitu masih bisa diselamatkan dan pantangannya hanya makan makanan yg asam,selain DM byk penyakit lain yg sdh berhasil disembuhkan spt ginjal,gagal ginjal,jantung bocor dan lain sbgnya. Semuanya diwajibkan minum teh manis hangat sebanyak-banyaknya minimal bisa 2 termos besar sehari, subhanallah,,,,
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0
October 28th, 2011 at 8:37 pm
alhamdulilah pengalaman saya pribadi. saya pria dewasa anak 2 istri 1 ga pernah olah raga. tensi rendah 110 dan beberapa kali 90. dan kalau tensi 90 saya pasti kepala berputar dan muntah dan obatnya hanya satu “kopi pekat hitam”
sampai saat ini di usia senja saya.saya tidak pernah mengalami sakit yang berarti.
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0
January 13th, 2012 at 8:34 am
koq saya justru tiap minum kopi atau teh manis terlalu banyak malah semakin sering buang air kecil..tetapi ketika saya ganti jadi minum susu jadi tubuh saya normal kembali..
Setuju atau Tidak Setuju:
0
0