Kopi Sama Hebatnya dengan Minuman Berenergi

DokterSehat.Com– Banyak produk minuman berenergi yang menjanjikan dapat meningkatkan stamina Anda dalam sekejap. Tapi sebuah studi menemukan bahwa khasiat secangkir kopi ternyata tidak kalah hebatnya dengan minuman berenergi.

doktersehat-kopi-coffee-kehamilan-preganncy-menurunkan-depresi

Berbagai macam kandungan yang terdapat dalam minuman berenergi seperti taurin, gingseng, dan ekstrak guanara digembar-gemborkan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan juga kemampuan fisik.

Padahal menurut studi yang telah dilakukan, dari berbagai kandungan yang terdapat dalam minuman berenergi ternyata kafein merupakan satu-satunya kandungan yang terbukti khasiatnya. Sudah diketahui bahwa kafein merupakan kandungan yang juga dimiliki oleh kopi.

Kandungan glukosa dan taurin diketahui hanya memiliki sedikit khasiat untuk meningkatkan stamina. Kandungan yang paling banyak berkhasiat mendongkrak stamina adalah kafein.

Kafein dalam minuman berenergi  rata-rata 14 kali lebih banyak daripada minuman bersoda. Maka tak heran bila stamina Anda bisa meningkat setelah mengonsumsi minuman berenergi tersebut. Tapi, dampak buruknya adalah risiko overdosis akibat kandungan kafein yang begitu banyak.

Minuman berenerdi tidak dianjurkan bagi anak-anak sebab dapat meningkatkan kelebihan energi yang bisa merusak jantung bahkan perilakunya. Overdosis kafein juga diyakini dapat meningkatkan risiko diabetes dan kejang-kejang.

Seorang ilmuan, Holly Benjamin menegaskan bahwa air putih merupakan minuman terbaik yang dapat dikonsumsi bagi anak yang rutin melakukan aktivitas fisik.