Kopi Bubuk Bisa Meredakan Sariawan

DokterSehat.Com – Sariawan termasuk dalam masalah kesehatan yang ringan namun bisa membuat kita merasa sangat tersiksa. Bagaimana tidak, sariawan bisa menyebabkan rasa nyeri dalam waktu yang cukup lama pada mulut. Cukup banyak orang yang bahkan bisa kehilangan selera makan atau mengalami demam gara-gara sariawan. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini?

doktersehat-muka-wajah-lidah-sariawan

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sariawan bisa dipicu oleh beberapa hal, layaknya karena kebiasaan mengkonsumsi makanan panas atau minuman dingin, kekurangan vitamin C, tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik, hingga kondisi tubuh yang memang tidak fit. Tak hanya itu, kondisi tubuh yang sedang terkena stress ternyata juga bisa memicu datangnya sariawan ini.

Proses penyembuhan sariawan sendiri cukup lama mengingat sariawan sebenarnya mirip dengan adanya luka namun di dalam mulut kita. Berbeda dengan luka di bagian kulit luar yang cenderung mudah kering, sariawan membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkan diri. Memang, kita bisa mengoleskan salep khusus atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengatasinya, namun, kita juga bisa menggunakan bahan alami layaknya kopi bubuk.

Kita hanya perlu mengambil sedikit kopi bubuk dan mengoleskannya pada sariawan pada mulut kita. Setelahnya, biarkan kopi bubuk ini meresap selama beberapa menit dan barulah kita berkumur-kumur dengan air untuk membersihkannya. Memang, akan ada sensasi nyeri saat bubuk kopi ini menempel pada luka sariawan, namun, jika kita menggunakannya setiap hari, maka dalam dua tau tiga hari saja sariawan ini bisa segera sembuh.

Agar sariawan tidak lagi kembali, rutinlah mengkonsumsi makanan sehat layaknya sayuran dan buah yang kaya akan vitamin C. Tak hanya itu, perbanyak konsumsi air putih dan tetap rutin menjaga kebersihan mulut dengan baik.