Kopi Bisa Memberikan Pengaruh Pada Ginjal

DokterSehat.Com – Meskipun banyak penelitian yang menyebutkan jika rutin meminum kopi bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, pakar kesehatan berkata jika ada kemungkinan dampak negatif bagi organ ginjal andai kita terlalu banyak mengkonsumsinya. Seperti apakah dampak negatif tersebut?

doktersehat-kopi-demensia

Sudah cukup lama kandungan oksalat di dalam kopi dianggap sebagai pemicu masalah kesehatan pada ginjal. Kandungan oksalat pada kopi inilah yang dianggap memiliki keterkaitan dengan kalsium oksalat, salah satu pemicu masalah batu ginjal yang sangat menyakitkan. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2004 silam bahkan menyebutkan jika andai kita rutin mengkonsumsi kopi setidaknya dua cangkir dalam sehari, maka kadar kalsium pada urine juga meningkat dengan drastis. Hanya saja, peningkatan ini hanya terjadi pada mereka yang pernah memiliki riwayat batu ginjal.

Profesor Chris Eden yang berasal dari Royal Surrey County Hospital menyebutkan jika kandungan kafein di dalam kopi diyakini memiliki sifat diuretik, sebuah kondisi dimana kopi mampu mempengaruhi proses penyerapan cairan di dalam darah dan akhirnya berdampak pada kondisi kesehatan dan fungsi ginjal. Hanya saja, hal ini juga hanya berlaku pada mereka yang memiliki permasalah pada fungsi ginjalnya. Meskipun begitu, prof. Eden yakin jika konsumsi kopi dalam jumlah banyak dan dalam jangka panjang memang mampu membuat penyakit ginjal menjadi semakin memburuk.

Meskipun memang mampu memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan dan fungsi organ ginjal, pakar kesehatan menyebutkan jika asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan, kopi tidak akan memberikan masalah kesehatan yang berbahaya bagi ginjal. Hanya saja, jika kita memang memiliki riyawat penyakit ginjal, termasuk diantaranya adalah batu ginjal, ada baiknya memang kita menurunkan asupan kopi harian agar masalah tersebut tidak semakin memburuk.