Kopi Bagus Untuk Melawan Penyakit Hati Manusia

DokterSehat.Com – Kopi merupakan minuman favorit banyak orang. Mulai dari kedai pinggir jalan hingga hotel bintang lima menyediakan minuman yang rasa dan aromanya nikmat ini. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya bisa membangkitkan kesegaran dan kebugaran. Tapi di lain pihak masih banyak orang yang takut minum kopi karena alasan kesehatan.



Untuk menjawab kontroversi tersebut hingga saat ini berbagai penelitian terus dilakukan untuk mengetahui khasiat dan manfaat kopi bagi tubuh. Sebagai salah satu pengekspor kopi utama di dunia, kopi dari Indonesia terkenal bermutu tinggi. Ditambah alasan lain di bawah ini, sayang rasanya jika harus melewatkan secangkir kopi di pagi hari.

Sebuah penelitian yang dilansir oleh ctvnews.ca menemukan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat melindungi liver Anda dari kerusakan. Tidak hanya itu, kopi juga mampu membantu penyembuhan sirosis dan fatty liver, baik karena alkohol maupun non-alkohol.

Penyakit sirosis biasanya diawali dengan pembentukan fibrosis, yaitu jaringan fibrosa yang berlebihan dalam liver yang disebabkan oleh peradangan terus menerus. Pada level akut, jaringan fibrosis ini bisa menyebabkan kematian sel-sel liver hingga menimbulkan jaringan parut yang mengeras dan berakhir pada sirosis. Nah, ternyata kandungan kafein dalam kopi ini akan mereduksi pembentukan fibrosis, sehingga sel-sel liver dapat meregenerasi dirinya sendiri secara lebih cepat.

Pada penderita fatty liver karena alkohol, kopi dapat mereduksi kadar enzim gamma-glutamyl transferase (GGT). Kadar enzim perusak yang harus diperangi liver pun menjadi bertambah sedikit, sehingga liver dapat menjalankan fungsinya kembali untuk memecah lemak yang telah menumpuk di dalam sel-sel liver.

Selain itu, lemak dalam hati pada penderita fatty alkohol ini juga bisa diperangi kopi dengan jalan menstimulasi metabolisme persediaan lipid dalam hati. Sehingga, lemak-lemak yang telah menumpuk dapat kembali diproses. Dengan demikian, perlemakan hati tersebut perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Baca Juga:  Paru-Paru Basah dan Berbagai Penjelasannya

Ladies, kopi memang terbukti bagus untuk liver Anda. Tentu saja, jika konsumsinya tidak melebihi batas maksimal tiga cangkir sehari. Jika tidak, kaffein dalam kopi malah bisa berbalik menyerang Anda.