Kontrol Gula Darah dengan Kayu Manis

DokterSehat.com – Meski namanya kayu manis tapi ternyata khasiatnya bisa mengontrol gula darah tetap normal. Berdasarkan hasil penemuan terbaru dari Western University of Health Sciences dijelaskan bahwa kayu manis dapat membantu memediasi keparahan gejala diabetes tipe dua, dimana kayu manis menyedot gula darah dalam tubuh. Alhasil, kadar glukosa seseorang akan tetap dalam kondisi normal.



Pada penderita diabetes tipe dua yang mengonsumsi antara seperempat sendok teh hingga dua sendok kayu manis mengalami penurunan kadar gula darah rata-rata 25 miligram glukosa perdesiliter darah. Dengan kata lain, menurunkan kira-kira setengah dari efek obat diabetes dosis tingkat tinggi.

Peneliti menduga kondisi ini bisa terjadi karena kayu manis mampu merangsang pelepasan insulin, yakni hormon yang berfungsi sebagai pintu masuk glukosa untuk memasuki sel dan memproduksi energi.

Tanpa adanya insulin kadar gula yang tinggi dalam darah bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Meski responden dalam penelitian ini mengonsumsi suplemen, namun penelitian lain menunjukkan bahwa kayu manis utuh mempunyai khasiat yang sama. Karena itulah, penderita diabetes disarankan untuk menambah irisan kayu manis dalam menu makanan harian supaya glukosa dalam tubuh bisa terkontrol.