Konsumsi Telur Mentah Ternyata Sangat Tidak Baik Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Telur adalah salah satu bahan makanan yang dianggap sebagai sumber protein yang tinggi. Rasanya yang enak dan harganya yang cenderung murah membuat bahan makanan ini hampir selalu ada di rumah-rumah masyarakat. Selain digunakan sebagai lauk, banyak masyarakat kita yang mengkonsumsi telur dalam bentuk mentah-mentah karena dianggap mampu memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Kita tentu sering menjumpai penjual jamu yang sengaja mencampurkan telur mentah pada ramuan jamu dan campuran ini diyakini memberikan energi dan dampak kesehatan yang baik. Hal ini ternyata salah kaprah karena ternyata pakar kesehatan justru menyebut bahwa telur sebaiknya tidak dikonsumsi mentah-mentah.

doktersehat-telur-kuning

Meskipun terlindungi oleh cangkang, telur mentah yang berbentuk cair ini ternyata beresiko memiliki bakteri yang disebut sebagai salmonella enteridis. Bakteri ini ternyata memberikan peran besar jika kita mengalami sakit perut atau keracunan makanan. Memang, beberapa penelitian kesehatan menyebutkan jika bakteri ini memiliki rasio yang sangat kecil untuk ditemukan di dalam butir dimana dari 30 ribu telur, barulah kita menemukan satu telur yang sudah terinfeksi bakteri salmonella enteridis. Namun, ada baiknya kita menghindari bakteri ini sebisa mungkin, bukan?

Selain kandungan bakteri, telur mentah juga mengandung zat adivin yang mampu mengikat kadar bitoin. Kondisi ini akan membuat makanan yang sudah kita telan akan sulit dicerna oleh tubuh. Tubuh yang mengalami penurunan drastis kadar biotin dan hemoglobin akan mengalami gangguan dalam metabolisme bagi zat lemak atau karbohidrat yang kita makan sehingga kita tentu akan kesulitan mendapatkan asupan energi yang kita butuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas. Hal ini tentu bertolak belakang dari anggapan bahwa telur mentah akan membuat tubuh menjadi semakin fit dan bugar, bukan?

Baca Juga:  Kunyah Makanan Kuruskan Badan? Apakah Terbukti Secara Ilmiah?

Memasak telur hingga matang tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan bukan? Disamping mudah untuk dilakukan, telur yang matang tentu memiliki rasa yang jauh lebih enak jika dibandingkan dengan telur yang belum matang dan memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Ada baiknya kita memang tidak lagi mengkonsumsi telur yang belum matang yang ternyata tidak memberikan efek kesehatan bagi tubuh.