Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah

DokterSehat.Com – Susu sudah dikenal luas sebagai minuman yang akan melengkapi konsumsi harian sehat setiap hari. Kita tentu selalu ingat dengan slogan empat sehat lima sempurna yang selalu menempatkan susu sebagai penyempurnanya, bukan? Memang, susu telah menjadi minuman favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia, dimana susu kini bahkan dijadikan minuman yang disediakan di kafe-kafe yang banyak dikunjungi anak muda. Sayangnya, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh lembaga Nielsen, konsumsi susu di Indonesia rata-ratanya ternyata masih sangat rendah, yakni hanya 12 liter per tahun untuk setiap orang.

doktersehat-sehat-nutrisi-sayur-buah-susu-daging

Jika angka ini dibandingkan dengan Negara Asia Tenggara lainnya, angka ini cukup rendah mengingat di Negara tetangga Malaysia saja setiap orangnya mengkonsumsi 39 liter, Thailand sebanyak 17 liter, dan Vietnam sebanyak 20 liter. Hal ini tentu menjadi perhatian pakar kesehatan tanah air mengingat susu memiliki peran besar dalam menentukan kesehatan tubuh, khususnya mereka yang masih dalam usia pertumbuhan.

Pakar kesehatan dra Retno Dewanto Purba, MpsT, menyebutkan jika susu memiliki banyak nutrisi baik yang akan membantu pertumbuhan anak, khususnya tulang dan gigi, menjadi lebih baik, serta mendukung sistem kekebalan tubuh agar anak tidak mudah untuk jatuh sakit. Tak hanya itu, susu juga bisa mendukung kecerdasan anak menjadi lebih baik. Sementara itu, susu juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang sudah berada di usia produktif sebagai salah satu sumber energy dalam melakukan aktifitas harian. Selain itu, susu juga bisa membuat kita terhindar dari berbagai penyakit yang bisa muncul di usia lanjut layaknya osteoporosis.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya masyarakat mulai menyadari betapa pentingnya peran susu bagi kesehatan tubuh dan mulai rutin mengkonsumsinya secara rutin.