Konsumsi Suplemen Harian Tidak Boleh Berlebihan

DokterSehat.Com – Tidak hanya didapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, kini berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh juga bisa didapatkan dari suplemen yang bisa dibeli di berbagai tempat. Memang, dengan konsumsi suplemen vitamin, kita akan bisa mendapatkan nutrisi vitamin yang kita butuhkan, apalagi jika kita termasuk orang yang kurang baik dalam menjaga pola makan dengan gizi seimbang. Sayangnya, suplemen ternyata juga bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan karena tidak membaca label dan aturan terlebih dahulu.

doktersehat-obat

Banyak faktor yang menyebabkan orang mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang kurang baik. Selain hanya mampu mendapatkan bahan makanan yang kurang bergizi, kurangnya pengetahuan akan kadar gizi yang seimbang juga bisa menjadi penyebabnya. Sebagai contoh, kini banyak orang yang hanya mengkonsumsi makanan dengan kadar 1.600 kalori perhari, atau karena terlalu menyukai makanan gorengan, Ia jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Untuk mengimbangi asupan nutrisi yang sangat minimum ini, maka suplemen vitamin pun dijadikan solusi yang paling mudah namun efektif.

Sayangnya, pakar kesehatan mengingatkan jika kita terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin, maka kita pun akan beresiko mengalami berbagai masalah kesehatan layaknya diare, kram perut, hingga mual-mual. Dalam beberapa kasus, tubuh bahkan bisa menimbulkan gejala layaknya penurunan kemampuan kognitif. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin A, misalnya, maka kita pun akan mengalami kondisi liver yang bekerja dengan tidak normal dan semakin menurunnya kerapatan pada tulang. Sementara itu, jika kita terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin B 12, maka beberapa jenis obat atau antibiotik pun akan tidak bekerja dengan sempurna pada tubuh.

Baca Juga:  Makan di Luar Rumah Meningkatkan Resiko Terkena Masalah Kesehatan Berikut

Alih-alih mengkonsumsi suplemen, sebagian besar pakar kesehatan masih menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Kita bisa mendapatkan berbagai vitamin dari makanan layaknya kacang-kacangan, minyak ikan, hingga berbagai sayuran hijau yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pekarangan rumah atau penjual sayur. Andaipun kita ingin tetap mengkonsumsi suplemen karena belum yakini dengan asupan nutrisi harian kita, kita harus membaca label dan aturan konsumsi dengan baik agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.