Konsumsi Makanan Ternyata Memang Mempengaruh Bau Vagina Wanita

DokterSehat.Com – Secara alami, vagina pada tubuh wanita memang memiliki bau yang khas. Bau ini biasanya disebabkan oleh keseimbangan pH asam alami pada area organ vital wanita dan keseimbangan jumlah bakteri sehat yang akan mampu menangkal berbagai infeksi yang bisa memberikan masalah kesehatan pada area tersebut. Sayangnya, bau pada vagina bisa saja berubah menjadi tidak sedap andai wanita mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Apa sajakah makanan yang memang kurang baik bagi bau organ vital wanita ini?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Pakar kesehatan Amry Rosser yang berasal dari Montefiore Medical Center New York menyebutkan jika ada beberapa jenis makanan yang kurang baik bagi bau organ vital wanita layaknya bawang putih, bawang merah, asparagus, brokoli, minuman beralkohol, hingga berbagai jenis rempah-rempah. Makanan-makanan tersebut diyakini bisa memicu bau yang tidak sedap pada area organ vital bahkan hingga selama dua hingga tiga hari setelah mengkonsumsinya.

Sementara itu, makanan-makanan yang cenderung terlalu manis juga sangat tidak disarankan bagi wanita mengingat makanan ini bisa menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah dan pada akhirnya memicu peningkatan resiko terkena infeksi jamur pada vagina. Selain bisa berbahaya bagi kesehatan vagina, hal ini tentu juga akan meningkatkan bau tidak sedap pada organ vital wanita.

Lantas, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi wanitaagar bisa terjaga bau organ vitalnya? Rosser menyarankan wanita untuk memperbanyak buah-buahan dan sayuran. Selain itu asupan air putih dan biji-bijian juga sangat disarankan. Hanya saja, makanan layaknya yoghurt juga sangatlah disarankan bagi para wanita mengingat makanan yang diproduksi dari fermenasi susu dan merupakan semacam probiotik ini bisa mempertahankan pH asam dari organ vital agar menjadi lebih sehat dan seimbang sehingga organ vital wanita pun akan terhindar dari bau yang tidak sedap.