Konsumsi Makanan Ini Saat Liburan

DokterSehat.Com – Meskipun liburan Hari Raya Lebaran segera usai, dalam realitanya anak sekolah masih memiliki waktu liburan yang cukup lama. Banyak orang tua yang memilih untuk memperpanjang cuti mereka agar bisa menemani keluarganya mendapatkan liburan ke berbagai tempat yang menarik. Meskipun terlihat menyenangkan, liburan bersama keluarga bisa membuat fisik menjadi terkuras karena banyaknya aktifitas atau bahkan jauhnya tempat tujuan. Jika kita tidak hati-hati, daya tahan tubuh kita pun beresiko akan menurun dan kita akan jatuh sakit. Untuk mengantisipasinya, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan-makanan ini saat kita pergi liburan.

doktersehat-sehat-oatmeal-diet-fruits-buah-apel-berry-sarapan

Buah pisang menjadi makanan pertama yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat kita pergi liburan. Selain mudah ditemukan dimana-mana, buah yang terasa manis ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Pisang yang bisa mengenyangkan perut ini memiliki kandungan kalium yang akan membuat produksi beberapa hormon meningkat sehingga energi tubuh pun tetap terjaga. Buah lainnya yang sangat direkomendasikan saat berlibur adalah buah alpukat. Buah ini ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membuat oksigen di dalam darah semakin meningkat sehingga sel-sel tubuh juga akan memproduksi stamina yang cukup bagi tubuh.

Ubu jalar yang kaya akan karbohidrat juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berlibur. Bagaimana tidak, dengan membuat ubi jalar sebagai camilan sehat, kita akan mendapatkan sumber energi yang cukup. Makanan ini juga kaya akan betakaroten, vitamin C, vitamin B, fosfor, hingga zat besi yang meningkatkan sistem imun tubuh sehingga kita tidak mudah sakit selama liburan.

Makanan lain yang sangat direkomendasikan untuk dimakan saat berlibur adalah telur dan oat. Telur yang kaya akan protein bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh, sementara itu, oat adalah makanan sehat yang sangat baik untuk dijadikan sarapan mengingat makanan kaya karbohidrat ini bisa menjaga stamina kita tetap dalam kondisi baik selama liburan.