Konsumsi Kopi Bisa Menurunkan Ukuran Payudara?

DokterSehat.Com – Telah ada puluhan penelitian kesehatan yang menunjukkan jika kopi memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh. Memang, kandungan kafein pada kopi bisa membuat kita terbebas dari rasa kantuk, khususnya di pagi hari atau di malam hari. Namun, kopi jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat ternyata bisa mencegah munculnya kanker payudara. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang professor oncologist bernama Helena Jernstroem, yang merupakan pakar kesehatan dari Lund University, Swedia. Beliau menyebutkan jika konsumsi kopi memang memberikan kebaikan bagi kaum wanita untuk mencegah munculnya kanker payudara. Namun, pada penelitian ini pula ditemukan fakta yang mengejutkan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi kopi justru akan beresiko mengalami penurunan ukuran payudara. Helena sendiri menyebutkan jika sebenarnya fakta terbaru ini cukup mengejutkan mengingat pada awalnya para peneliti hanya terfokus pada adanya resiko genetik dari penyakit mematikan ini. Caranya tentu saja adalah dengan melibatkan 300 partisipan yang kesemuanya adalah wanita. 300 wanita ini kemudian diteliti ukuran payudaranya secara bertahap pada waktu penelitian.

Dari penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang mengkonsusmsi setidaknya 3 cangkir kopi setiap harinya akan cenderung menurunkan resiko terkena kanker payudara. Sayangnya, hal ini juga berimbas pada menurunnya ukuran payudara, meskipun penurunan ini sebenarnya cenderung kecil saja. Hal ini berarti, wanita tidak perlu khawatir jika mereka menjadi pecinta kopi mengingat pengarunnya pada ukuran payudara sangatlah minimum.

Helena menyebutkan jika penelitian ini, khususnya yang berkaitan dengan ukuran payudara masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, melihat fakta bahwa kopi akan mampu menurunkan resikot terkena kanker payudara, setidaknya kita bisa mulai mempertimbangkan kopi sebagai minuman yang disantap setiap hari.