Konsumsi Kopi Bisa Meningkatkan Performa Seksualitas

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas, Amerika Serikat, menunjukkan sebuah fakta yang bisa membantu pria dalam memperbaiki performa seksualnya. Menurut hasil penelitian ini, andai pria rutin mengkonsumsi kopi setidaknya dua cangkir setiap hari, maka Ia akan menurunkan resiko terkena masalah disfungsi ereksi 42 persen lebih baik jika dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi kopi.

doktersehat-kopi-coffee-lambung-perih-asam-kafein-perawatan-kulit-payudara-mengecil

Penelitian yang hasilnya dirilis dalam jurnal PLOS ONE dilakukan dengan melibatkan 4 ribu pria yang diketahui mengkonsumsi minuman berkafein layaknya kopi, teh, minuman bersoda, dan juga minuman olahraga. Pakar kesehatan menyebutkan jika hampir semua pria yang mengkonsumsi minuman berkafein tersebut cenderung lebih baik dalam mencegah disfungsi ereksi, terlepas dari variatifnya usia pria, berat badan pria, ataupun tekanan darahnya.

Kandungan kafein dalam minuman tersebut diyakini akan memperbaiki aliran darah dalam tubuh, termasuk diantaranya yang menuju ke penis. Namun, yang menarik adalah, penelitian ini hanya menyarankan dua cangkir kopi sebagai asupan maksimal mengingat andai pria mengkonsumsi kopi lebih banyak, sebagai contoh tiga cangkir, maka rasio mencegah disfungsi ereksi justru menurun hingga 39 persen. Sayangnya, bagi pria penderita diabetes, konsumsi minuman berkafein ini ternyata tidak akan berpengaruh besar dalam mencegah disfungsi ereksi.

Penelitian lain yang juga dilakukan pada tahun 2006 di universitas yang sama juga menunjukkan kaitan antara kopi bagi performa seksualitas, namun kali ini bagi kaum wanita. Dari penelitian ini, diketahui bahwa wanita yang justru bukan penikmat kopi secara rutin justru akan memiliki gairah seksual yang jauh lebih baik. Memang, kopi bisa merangsang otak untuk memancarkan sinyal gairah seksual pada tubuh, namun, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi kopi terlalu banyak karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan layaknya rasa tidak nyaman pada perut, gelisah, hingga insomnia.