Konsumsi Kopi Berlebih Bikin Bayi Lahir Terlalu Mungil?

DokterSehat.com – Ketagihan kopi memang cukup susah diatasi, hal ini pun berlaku pada ibu hamil. Padahal menurut riset, berlebihan dalam mengonsumsi kopi saat masa kehamilan dapat menimbulkan risiko kelahiran bayi dengan berat badan terlalu kecil. Dampak selanjutnya adalah bayi tumbuh kurang sehat.



Fakta ini didasarkan pada hasil riset yang melibatkan 60.000 ibu hamil di Norwegia selama jangka waktu sepuluh tahun. Riset tersebut membandingkan berapa banyak jumlah kopi yang dikonsumsi ibu hamil dengan berat badan bayi saat lahir.

Hasil perbandingan tersebut menunjukkan bahwa konsumsi kopi dengan kafein sebanyak 200-300 mg berisiko mengakibtakan bayi lahir dengan berat badan yang tergolong rendah. Tak hanya itu, konsumsi kopi berlebih juga berpotensi memperpanjang usia kehamilan sampai 62 %.

Dr Euan Paul asal British Coffee Association memaparkan bahwa bayi yang terlahir kecil mengakibatkan Si bayi mengalami gangguan pertumbuhan yang dapat memicu diabetes, obesitas, serta beberapa jenis kanker saat dewasa nanti.

Agak berbeda dari riset-riset terdahulu, konsumsi kopi berlebih pada ibu hamil dalam riset tersebut justru berpotensi memperlama masa kehamilan selama ± 8 jam tiap cangkir. Padahal menurut beberapa riset yang dilakukan sebelumnya, konsumsi kopi dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Sebagai gambaran, secangkir kopi instan mengandung rata-rata 100 miligram – 140 miligram kafein, sementara kopi-kopi yang dijual di coffeeshop dapat mengandung 300 miligram kafein. Perlu dicatat juga bahwa kandungan kafein tidak hanya dijumpai pada kopi. Beberapa jenis minuman lain seperti minuman bersoda, teh, dan bahkan minuman cokelat juga mengandung kafein. Berbagai jenis minuman tersebut tak jarang justru terlupakan sehingga tidak diperhitungkan kadar kandungan kafeinnya.