Konsumsi Jus Cherry Ternyata Bermanfaat bagi Penderita Demensia lho!

DokterSehat.Com – Demensia merupakan suatu istilah gejala-gejala yang disebabkan oleh karena kondisi otak yang dapat menyebabkan penurunan fungsi memori, kesulitan dalam berpikir, berkomunikasi dan dalam hal pemecahan masalah. Demensia seringkali dikaitkan dengan usia tua padahal faktanya kondisi ini bisa mengenai siapapun. Ada berbagai tipe demensia antara lain Penyakit Alzheimer, Demensia vaskular, Demensia Lewy Bodies, Demensia Parkinson, Demensia frontotemporal dan masih banyak lagi.

shutterstock_258710540 copy

Berbagai upaya pasti dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit demensia. Mulai dari pembatasan konsumsi makanan tertentu, olahraga, minum suplemen dan sebagainya karena mengingat efek demensia yang dapat mengurangi kualitas hidup bagi si penderita dan orang disekitarnya. Penelitian baru mengungkapkan konsumsi jus cherry dapat meningkatkan kognisi dan dapat bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan demensia.

Semua tentunya sudah tidak asing dengan buah cherry karena sering sekali kita jumpai sebagai hiasan di kue, cake, ice cream dan sebagainya. Ternyata, buah kecil dengan diameter 2 sentimeter ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Salah satu yang penting adalah kandungan antosianin yang memiliki manfaat positif untuk kognisi. Dalam penelitian tersebut diambil sampel orang tua yang berusia lebih dari 70 tahun yang mengalami demensia ringan hingga sedang. Sampel tersebut diminta untuk mengkonsumsi 200 ml/hari jus cherry atau jus kontrol tanpa kandungan antosianin selama 12 minggu. Tekanan darah dan marker inflamasi (CRP dan IL-6) sampel diukur untuk melihat perbedaan.

Hasil penelitian tersebut didapatkan adanya peningkatan verbal fluency, peningkatan memori jangka pendek dan jangka panjang pada kelompok yang mengkonsumsi jus cherry. Penurunan tekanan darah sistolik juga ditemukan pada kelompok intervensi tersebut. Marker inflamasi tidak ditemukan adanya perbedaan.

Baca Juga:  Kandungan Cairan Mani

Dengan demikian, pemberian minuman yang memiliki kadar antosianin tinggi merupakan hal yang dapat ditempuh untuk mereka yang memiliki demensia ringan sampai sedang untuk meningkatkan kemampuan kognisi. Konsumsi jus cherry yang kaya antosianin secara rutin dapat dilakukan sebagai alternatif untuk meningkatkan kognisi baik bagi si penderita maupun mereka yang berisiko tinggi terkena demensia. Mari ajak mereka yang mengalami demensia untuk konsumsi jus cherry!

Sumber: Pubmed