Konsumsi Ginseng Berlebihan Sangat Berbahaya

DokterSehat.Com – Meski ginseng diyakini berkhasiat bagi kesehatan, namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan mengakibatkan beberapa penyakit.



Meski secara klinis ginseng tidak beracun, namun terlalu banyak mengkonsumsi ginseng dalam waktu yang berkepanjangan bisa mengakibatkan insomnia dan hipertensi. Karena itu, kata Prof. Dong – Kwon Rhee, penggunaan secara terus – menerus selama lebih dari tiga bulan tidak direkomendasikan.

Sebaiknya, penggunaan ginseng dilakukan menurut suatu siklus. Misalnya, sudah minum selama dua atau tiga minggu, kemudian selingi dengan jeda paling sedikit satu minggu, supaya aman, ujar dia.

Yang perlu diperhatikan lainnya, kata Prof. Dong-Kwon Rhee, mereka yang sedang hamil, menyusui, meminum obat-obatan atau mengidap kelainan medis, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi ginseng.

Selain itu, lanjut dia, bila seseorang sedang mengonsumsi obat-obatan seperti warfarin, heparin, aspirin, diuretika atau sedang menjalani pengobatan hipertensi atau kardiovaskular, dianjurkan tidak mengonsumsi ginseng karena akan menimbulkan konflik dengan obat-obatan tersebut.

Jangan gunakan gingseng dengan jamu atau zat gizi lain yang diketahui meningkatkan kesiagaan mental, terang Prof. Dong-Kwon Rhee.

BACA JUGA : Kenali Masa Subur Pasangan Anda