Konsumsi Garam Berlebihan Memicu Tekanan Darah Tinggi

DokterSehat.Com – Tanpa adanya garam, makanan pun biasanya akan terasa kurang sedap dan terasa sangat berbeda. Garam memang telah menjadi bahan dapur yang sangat populer dan hampir selalu ditemui di dapur-dapur tanah air. Sayangnya, jika kita berlebihan memakan makanan dengan kadar garam yang cukup tinggi, maka kita pun beresiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Padahal, tekanan darah yang tinggi tentu saja akan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, bukan?

23938579132_9d11868964_o

Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi biasanya akan memiliki resiko cukup besar untuk mendapatkan berbagai macam penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya, kerusakan pada organ ginjal atau hati, bahkan gangguan pada masa kehamilan bagi kaum wanita. Pakar kesehatan pun kini telah cukup sering menyerukan masyarakat untuk mulai mengurangi konsumsi garam berlebihan untuk membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga.

Jika kita ingin mengurangi konsumsi garam, maka kita pun bisa mulai mengurangi asupan garam per hari hingga lebih rendah dari ukuran 3,75 hingga 7,5 gram saja. Meskipun pada awalnya sulit dan makanan akan terasa lebih hambar, lama-kelamaan kita akan terbiasa dan mendapati kesehatan tubuh menjadi lebih sehat. Diet pada garam juga bisa kita imbangi dengan konsumsi makanan-makanan segar layaknya buah-buahan atau sayuran layaknya aprikot atau bahkan beragam kacang-kacangan. Aprikot dan kacang-kacangan dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung kadar potasium yang akan menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali. Hanya saja, anda haruslah berhati-hati dengan makanan dengan kandungan potasium tinggi mengingat beberapa orang yang mengalami masalah ginjal akan semakin memburuk jika mengkonsumsi makanan tersebut.

Kita juga sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan tekanan darah layaknya makanan yang kaya kandungan kalsium dan magnesium. Makanan ikan dari laut layaknya ikan salmon, rumput laut, bayam, alpukat, pisang, hingga kacang mete diyakini akan cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi jika rajin-rajin dikonsumsi setiap hari.