Konsumsi Daging Olahan Turunkan Jumlah Sperma

DokterSehat.com – Pria yang mengkonsumsi satu lembar daging bacon dalam sehari cenderung mengalami penurunan kesempatan untuk memiliki momongan. Benarkah demikian?



Hal tersebut telah diungkapkan para peneliti Harvard University. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa selain daging bacon, jenis daging olahan seperti sosis juga turut memberikan kontribusi penurunan jumlah dan kualitas sperma pria.

Sebaliknya, apabila ingin mengoptimalkan jumlah sperma, pria dianjurkan untuk mengonsumsi halibut atau ikan cod.

Riset yang dilakukan oleh para pakar dari Havard University tersebut adalah riset lain yang membuktikan bahwa kesuburan seorang pria memang dipengaruhi oleh factor pola makan serta gaya hidup, ttak terkecuali kebiasaan minum alkohol, stress, dan merokok.

Sebenarnya, peneliti belum memahami dengan akurat mengapa jenis makanan tertentu dapat meningkatkan atau menurunkan jumlah sperma. Kendati demikian, jenis daging merah diduga memiliki kandungan kadar pestisida yang cukup tinggi sehingga sangat berpengaruh terhadap hormon pada tubuh.

Sementara itu, riset sebelumnya mendapati bahwa jenis daging olahan juga turut menyumbangkan beberapa jenis penyakit mematikan, seperti serangan jantung, kanker, dan diabetes.