DokterSehat-Dalam Penelitian yang dilakukan oleh Elaine W dan kawan-kawan dan dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology ditemukan bahwa mengkonsumsi daging merah lebih dari 10 kali dalam satu minggu dapat meningkatkan resiko kebutaan karena umur atau yang dikenal dengan age-related macular degeneration (AMD) secara dini, yang dapat mengarah kepada kebutaan pada orang tua. Peneliti melakukan analisa terhadap 6734 orang pada usia 58-69 di Melbourne, Australia. Asupan daging diperkirakan melalui kuisioner yang disebarkan pada awal penelitian. Kemudian dilakukan foto terhadap untuk menganalisa terjadinya AMD.
Peneliti menemukan terjadinya 1680 kasus AMD dini, dan 77 kasus AMD terlambat. Peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi daging merah paling tidak 10 kali dalam 1 minggu memiliki resiko terkena AMD dini lebih tinggi 47% dibanding dengan orang yang mengkonsumsi daging merah kurang dari lima kali dalam satu minggu. Peneliti juga menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi daging ayam paling tidak 3.5 kali setiap minggu akan memiliki resiko AMD terlambat lebih rendah 57% dibanding dengan orang yang mengkonsumsi ayam kurang dari 1,5 kali per minggu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi daging yang berbeda akan mempengaruhi resiko terkena AMD.
No comments yet.
RSS feed for comments on this post. TrackBack URL