Konsumsi coklat dalam jumlah cukup dapat menurunkan resiko gagal jantung

DokterSehat.com-Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation menunjukkan bahwa wanita swedia usia tanggung dan tua yang secara teratur mengkonsumsi coklat dalam jumlah sedikit memiliki resiko gagal jantung yang lebih rendah.



Pada penelitian selama sembilan tahun yang dilakukan terhadap wanita swedia berumur tanggung dan tua. Penelitian tersebut dilakukan terhadap jumlah coklat berkuatlitas tinggi yang dikonsumsi wanita dan resikonya terhadap gagal jantung. Kualitas coklat yang tinggi adalah coklat yang memiliki kandungan coklat  lebih tinggi, seperti yang terdapat pada coklat hitam pada standar Amerika. Pada penelitian ini ditemukan bahwa:

  • Wanita yang rata-rata mengkonsumsi satu hingga dua sajian coklat berkualitas tinggi setiap minggu memiliki resiko terkena gagal jantung 32% lebih rendah.
  • Wanita yang memengkonsumsi satu hingga tiga sajian setiap bulan memiliki resiko 26% lebih rendah.
  • Wanita yang mengkonsumsi paling sedikit satu sajian setiap hari tidak menunjukkan penurunan resiko.

Rendahnya daya perlindungan pada wanita yang mengkonsumsi coklat setiap hari kemungkinan disebabkan oleh tambahan kalori yang melebihi efek nutrisinya, seperti yang dijelaskan oleh Murray Mittleman, kepala penelitian ini.

Tingginya konsentrasi komponen yang disebut dengan flavonoid di dalam coklat dapat mengurangi tekanan darah, yang pada akhirnya akan mengurangi resiko gagal jantung.

sumber