Konsumsi Beras Pecah Kulit (PK) Dapat Menurunkan Resiko Diabetes

DokterSehat.Com– Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa mengkonsumsi beras PK dua porsi atau lebih dalam satu minggu dapat mengurangi resiko perkembangan diabetes tipe 2. Penelitian dilakukan terhadap 39765 laki-laki dan 57463 wanita yang ikut serta dalam Health Professionals Follow-up Study and the Nurses’ Health Study I and II.

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Peserta telah mengisi kuisioner asupan harian pada saat penelitian dimulai pada tahun 1986, 1984, dan 1991, kemudian memperbaharuinya setiap empat tahun hingga tahun 2005 dan 2006. Mereka juga ditanyai mengenai rekam medisnya. Selama penelitian lebih dari 10000 terkena diabetes tipe 2.

Peneliti menemukan bahwa responden yang mengkonsumsi beras PK dua porsi atau lebih dalam satu minggu resiko terkena diabetes tipe 2 nya berkurang 10% dibanding dengan orang yang mengkonsumsinya kurang dari satu porsi sebulan. Sedangkan responden yang mengkonsumsi beras PK lima porsi atau lebih dalam satu minggu memiliki resiko 20% lebih rendah terkena diabetes tipe2 dibanding resonden yang mengkonsumsinya kurang dari satu porsi setiap bulan. Dengan mengganti sepertiga beras sosoh dengan beras PK setiap hari dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebanyak 16%.