Konsumsi Alkohol Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Konsumsi alkohol masih menjadi perdebatan banyak pihak dimana ada pihak yang mendukung konsumsi alkohol meskipun dalam jumlah yang aman dan di pihak lain alkohol sudah dicap sebagai salah satu biang keladi berbagai masalah kesehatan. Bagi pihak yang mendukung konsumsi alkohol dalam jumlah aman, maka tubuh pun akan mengalami penurunan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2, baik baik sistem peredarah darh, hingga bagi organ jantung. Sementara itu, kini banyak pakar kesehatan yang menganggap jika konsumsi alkohol berlebihan bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kanker-payudara

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta mengejutkan dimana wanita yang mengkonsumsi alkohol namun tidak merokok diteliti untuk diketahui resiko terkena kanker payudara. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi alkohol ditengarai mampu meningkatkan resiko terkena kanker payudara hingga 7 dan 11 persen. Tanpa kita sadari, untuk satu botol alkohol yang diminum, terdapat 13 persen konsentrasi yang tentu akan meningkatkan resiko terkena kanker payudara dengan cukup tinggi. Hal ini dikarenakan kadar hormon estrogen meningkat tajam setelah konsumsi alkohol yang berkaitan erat dalam penyakit kanker payudara.

Kandungan alkohol yang tercampur pada darah akan diurai oleh liver untuk nenjadi asetaldehid, salah satu zat karsinogen yang bisa menyebabkan masalah para organ hati. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka zat karsinogen yang banyak menjadi masalah kanker pun bisa menyebar dengan cepat pada bagian payudara, apalagi ditambah fakta kini alkohol juga ikut memperlemah sistem daya tahan dan kekebalan tubuh.

Andai penderita masalah kanker payudara kembali mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, maka pria juga memiliki resiko terkena kanker payudara kembali. Dengan adanya fakta ini, memang ada baiknya kita menghindari alkohol sebisa mungkin setiap harinya.