Konsumsi Air Dingin Mengganggu Pencernaan, Benarkah?

DokterSehat.Com – Meminum air dingin atau air es tentu saja akan memberikan efek yang menyegarkan bagi tubuh, apalagi jika kita mengkonsumsinya di hari yang panas dan terik. Namun, banyak orang yang pad akhirnya ketagihan mengkonsumsi air dingin kapanpun, khususnya setelah makan. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini ternyata kurang baik bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah sebenarnya dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita terlalu sering mengkonsumsi air dingin?

doktersehat-air-es-menganggu-pencernaan

Hal pertama yang bisa terjadi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi minuman dingin adalah terganggunya saluran pencernaan kita. Tahukah anda jika air dingin atau air es akan membuat proses pencernaan akan menjadi lebih lambat? Air dingin akan membuat pembuluh darah akan cenderung lebih sempit dan pada akhirnya tubuh akan terlalu lama mencerna makanan dan nutrisi makanan tidak akan terserap hingga sempurna. Hal ini dikarenakan tubuh akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan suhu air menjadi sesuai dengan hangatnya suhu tubuh terlebih dahulu. Energi tubuh pun justru akan terlalu banyak dihabiskan untuk menyesuaikan suhu air minum alih-alih untuk menyerap nutrisi makanan.

Sering mengkonsumsi air dingin ternyata bisa membuat kita beresiko menimbulkan radang tenggorokan. Air dingin ternyata bisa menimbulkan adanya lendir pada saluran kerongkongan sehingga akan membuat tenggorokan kita rentan terkena radang dan juga terkena infeksi.

Konsumsi air dingin juga akan membuat detak jantung kita cenderung menjadi lebih pelan. Hal ini dikarenakan air dingin akan merangsang saraf vagus, saraf yang mengendalikan aktivitas tak sadar pada tubuh dan saraf ini sangat penting karena bisa berpengaruh besar pada detak jantung. Kinerja saraf vagus akan cenderung semakin menurun dan pada akhirnya membuat detak jantung juga ikut menurun.

Baca Juga:  Bolehkah Cabut Gigi Saat Sakit?

Karena alasan-alasan inilah ada baiknya kita mulai membatasi asupan air dingin atau air es. Minumlah air putih dengan suhu yang biasa saja karena akan membuat tubuh kita tetap terjaga kesehatannya.