• November 28, 2017 at 9:37 pm #85095
    Ummu khonsa
    Participant

    Assalamualaikum dok.. Saya mau bertanya tentang anak saya usia 3th, anak saya hidung nya tersumbat kena lendir tapi tidak pilek dan tidak ada ingus, terus nafas nya terasa berat kaya org tidur/asma, sejauh ini untuk mencegah sakit nya saya kasih obat Ambroxol HCI sama semprotan hidung aqua maris, alhamdulillah mendingan dok lendir nya hilang, sisa nafas nya masih terasa berat, dan kalo obat nya habis/tidak di minum langsung sakit bapil, lendir nya baanyak lagi. Sejauh ini sudah saya bawa ke dokter2 umum dan semuanya sama beranggapan kalo anak saya hanya kena pilek biasa, rencana mau saya bawa ke D.sA qodarullah dana nya belom mampu. Dan dulu waktu baru lahir anak saya punya riwayat alergi susu sapi sama soya, qodarullah setelah usia 8bln alergi nya hilang, apa kah lendir yang di derita sekarang karena riwayat alergi nya muncul lagi kah dok? Dan untuk masalah pernafasan nya ini sebaik nya saya harus gimana dok? Apa di butuhkan cek rontgen?
    Jazakillahu khoir wa barokallahu fiik

    November 28, 2017 at 10:14 pm #85096

    Waalaikumsalam,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Dari keluhan dan riwayat pengobatan yang anda bagikan, pilek dan nafas terasa berat yang dialami oleh anak anda dapat disebabkan karena infeksi saluran pernafasan, perlu dilakuakan pemeriksaan fisik secara langsung, dan juga pengobatan dengan resep Dokter.

    Pada anak usia sekitar 3 tahun juga perlu diwaspadai apabila anak tidak sengaja memasukkan biji-bijian atau kertas ke dalam hidung, juga bisa menimbulkan gejala seperti tersumbat dan nafas terhambat.

    Bila keluhan berlanjut silakan periksa ke Dokter Sp THT terdekat.
    Bila terkendala biaya, sebaiknya kedepannya anda dan keluarga mengikuti program bpjs kesehatan.

    Semoga bermanfaat dan membantu.
    Terima kasih.


Anda harus masuk/ mendaftar akun baru untuk mengirimkan pesan

Login Register