• October 31, 2017 at 4:29 pm #82578
    brown eyed girl
    Participant

    Dokter saya mengalami penyakit yang tidak sembuh sembuh sejak tahun 2012. di kedua tangan saya terkadang tiba tiba muncul bintil bintil berair yang kemudian pecah dan menyebabkan tangan saya sangat gatal dan menjadi kering bahkan luka dan pecah pecah hingga sangat perih. tangan saya kemudian menjadi tidak halus.

    jika saya tidak bekerja (profesi saya adalah chef) bintil bintil tersebut tidak muncul. akan tetapi jika saya membiarkannya muncul dan tetap bekerja, tangan saya tidak pernah sembuh dari gatal tersebut dan saya kesulitan dalam bekerja. oleh karena itu saya berhenti dari pekerjaan saya. saya fikir mungkin saya alergi pada getah yang dihasilkan oleh sayuran seperti tomat, bawang bombay, bawang merah dll karna saya sering berkontak langsung dengan bahan tersebut dan saya sangat merasakan gatal yang luar biasa setelahnya.

    saya fikir alergi saya adalah bahan tersebut akan tetapi saat saya tidak bekerja, ternyata bintil itu kembali muncul disaat tangan saya sering terkena air seperti mencuci baju, mencuci piring atau mengepel. dan gatal itu tidak hanya muncul di jari tangan saya saja tetapi juga di jari kaki. membuat saya tidak percaya diri dan nyaman. saya telah beberapa kali ke dokter yang berbeda akan tetapi obat yang dikasih sama saja yaitu salep betametason. bila saya berhenti menggunakan obat salep tersebut, bintilnya muncul lagi. apa yang harus saya lakukan dok? mohon bantuannya. terima kasih

    October 31, 2017 at 7:39 pm #82585

    Selamat malam,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Dari keluhan yang anda bagikan, dapat disebabkan karena dermatitis kontak, ataupun karena dyshidrotic eczema.
    Penanganan yaitu dengan obat oles(salep) dan juga menghindari kontak dengan zat penyebab alergi (misal mengunakan sarung tangan plastik)

    Pengobatan dapat memakan waktu lama, dan dapat kambuh.
    Sebaiknya kontrol ke Dokter Sp Kulit (SpKK) bila keluhan berulang.

    Semoga bermanfaat dan membantu.
    Terima kasih.

The topic ‘Gatal yang tidak sembuh dari 2012’ is closed to new replies.