• October 11, 2017 at 11:42 am #81127
    Iki
    Participant

    Selamat Pagi Dok!

    Saya laki-laki berusia 19 tahun sebelumnya tidak pernah melakukan seks atau anal seks. Selama 3 minggu ini saya mengalami gangguan pencernaan. Awalnya memang saya suka makan pedas2, terakhir makan pedas mungkin dengan level diluar kemampuan saya. Akhirnya saya merasakan sakit / mules saat buang air besar, tapi saya khawatir itu wasir karena beberapa hari setelah itu anus saya sering gatal, sakit, dan pencernaan yang tidak teratur (intensitas buang air besar, feses cair, tapi tidak disertai darah). Alternatifnya saya minum obat wair yaitu ambeven. Saya berusaha untuk tidak makan pedas atau makan makanan yang berpotensi itu lagi. Namun, saya takut mengidap kanker anus. Dari ciri-ciri yang ada di internet, hal yang sama saya rasakan diantranya ; kadang-kadang panas disekitar anus, kadang gatal juga, penipisan feses, perut terasa kembung dan sering buang angin. Bagaimana jika ini wasir atau kanker anus, hal apa yang sebaiknya saya lakukan Dok ? Terima kasih

    October 12, 2017 at 1:25 pm #81229
    Iki
    Participant

    Gimana Dok ? Mohon balasannya

    October 13, 2017 at 12:42 pm #81297

    Selamat siang,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Dari keluhan yang anda bagikan, bukan merupakan gejala kanker anus.

    Dapat disebabkan karena pola makan dan jenis makanan yang tidak sehat sehingga mengiritasi usus besar dan juga rektum dan anus sehingga menimbulkan gejala ambeien.

    Sebaiknya atur pola makan secara teratur, dan hindari makanan pedas, perbanyak makan buah dan sayur sayuran, dan minum air putih 2-3 liter setiap hari, supaya pencernaan lancar dan anda dapat BAB lancar setiap hari tanpa mengejan, nanti keluhan yang anda alami dapat berkurang dengan sendirinya.

    Semoga bermanfaat dan membantu.
    Terima kasih.

The topic ‘Gangguan Pencernaan’ is closed to new replies.