• January 10, 2017 at 2:01 am #60466
    h4ppyP4rent
    Participant

    Salam kepada para Dokter,
    Perkenalkan nama saya Cecep. Saya pria yang sudah berkeluarga, mempunyai 2 anak yang lucu, pintar, dan sehat…Anak saya yang pertama laki-laki umur 5 tahun, dan yang kedua perempuan umur 4 tahun. Sejauh ini saya sungguh amat bersyukur pada Tuhan mempunyai keluarga yang bahagia seperti ini. Namun ada satu masalah yang jadi pikiran buat saya, yaitu anak kedua saya yang perempuan memiliki problem makan.. Sampai saat ini, dia tidak mau makan makanan normal sebagaimana mestinya, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, dsb… Jadi, sampai sekarang , dia masih tergantung pada susu formula.. Dalam sehari, bisa 4-5 botol susu 200ml dia minum, belum lagi di malam hari dia minta susu ketika sedang tidur dan itu berpengaruh pada giginya yg jadi keropos dan akhirnya ompong…(untung masih gigi susu). Saya sudah mengupayakan berbagai cara untuk memberi makan, seperti beri hadiah kalau mau makan, membuat makanan diblender, merayu2 anak agar makan, bahkan pernah memaksa dia makan, namun akhirnya dimuntahkan lagi… Entah kenapa saya merasa dia itu peka terhadap bau makanan, jadi kalau didekatkan terhadap suatu makanan, dia bisa merasa mau muntah… Trus terang saya jadi bingung ini mau diapain supaya dia bisa makan seperti layaknya anak seusia dia.. Tolong dong solusinya yah, dokter yang baik… Terima kasih sebelumnya :). (nb: Pencapaian sejauh ini dari usaha saya, dia sekarang sudah bisa makannya nasi+ kecap asin, bakmi polooos banget (ada sayur sdikit, gak mau), roti+susu coklat).

    January 10, 2017 at 6:40 pm #60563
    Dokter Eko B
    Dokter

    Selamat malam,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan susah makan yang dialami, banyak sekali dialami masyarakat belakangan ini, karena banyaknya produk susu formula, dan kesibukan orang tua.

    Anak tidak mau makan, karena ketergantungan pada susu formula, anak menjadi malas mengunyah, menelan, dan juga tidak terbiasa mengenal rasa berbagai makanan. Padahal pada usia 4 tahun, susu formula tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi anak, harus diberikan nasi dan makanan keluarga.

    Sebaiknya anak Anda dikurangi minum susu formulanya (disapih dari susu formula) dengan hanya diberikan misl hanya pada pagi dan malam hari.
    Sedangkan bila anak lapar, diberikan makanan keluarga, dapat dimulai dari tekstur yang lunak dan lembut semisal bubur, nasi tim saring, nasi lembek, hingga akhirnya nasi biasa.
    Anak juga sebaiknya diberikan berbagai macam lauk untuk menunjang kebutuhan gizi: ayam, ikan, udang, daging, tahu, tempe dll, semua harus diperkenalkan.

    Saat anak lapar, jangan diberikan susu, tetapi disuapi makanan keluarga.

    Semoga bermanfaat dan membantu.
    Terima kasih.

The topic ‘Anak 4 tahun saya tidak mau makan makanan Dewasa’ is closed to new replies.