Kondom Konvensional atau Kondom Aneka Rasa, Mana yang Lebih Baik?

doktersehat-kondom-warna-warni
Photo Credit: freepik.com

DokterSehat.Com – Kondom yang ada di pasaran terdiri dari beberapa macam. Ada kondom konvensional dengan warna bening. Selanjutnya ada kondom aneka rasa yang kadang memiliki warna tertentu. Kondom aneka rasa ini kadang memiliki rasa mint, pisang, jeruk, dan stroberi.

Nah, untuk aktivitas seks yang aman dan nyaman, mana yang paling baik? Apakah kondom konvensional atau kondom dengan beberapa aneka rasa?

Fungsi Berbagai Jenis Kondom

Kita semua sudah tahu kalau kondom digunakan untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual. Namun, kita tidak tahu jenis kondom yang ada di luar itu punya fungsi yang lebih spesifik lagi.

Kondom aneka rasa biasanya digunakan untuk aktivitas seks oral. Rasa dari kondom akan mengurangi rasa tidak nyaman saat melakukannya. Kondom akan membantu wanita yang tidak bisa memberikan seks oral secara polos melakukannya dengan lancar tanpa harus mual atau muntah.

Sementara itu kondom konvensional yang tidak memiliki rasa atau polos cocok digunakan untuk aktivitas penetrasi. Dengan tidak ada rasa, penetrasi bisa berjalan dengan lancar tanpa mengganggu flora normal yang ada di dalam vagina. Kalau kondom rasa digunakan untuk penetrasi, kandungan pemanis buatan bisa mengganggu dan menyebabkan infeksi.

Jadi Mana yang Lebih Baik?

Semuanya baik karena bisa membantu aktivitas seks berjalan dengan lancar. Selain itu, masing-masing kondom juga memiliki fungsi yang lebih spesifik sehingga kita harus lebih memerhatikannya.

Terpenting dari semua, lakukan seks oral dengan menggunakan kondom. Terlepas dari rasa mual yang akan dialami wanita, menggunakan kondom akan mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, hingga HPV yang menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks.

Nah, dari dua jenis kondom di atas, mana yang sering Anda gunakan dan apa alasannya?