Fetal Alcohol Syndrome (FAS) – Kondisi Penyerta, Penyebab, dan Diagnosis

Anak yang lahir dengan FAS dapat berkembang ke dalam kondisi sekunder akibat sindrom mereka. Kondisi sekunder dapat mencakup sebagai berikut:

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

  • Masalah kesehatan mental seperti gangguan pemusatan perhatian, gangguan perilaku, depresi dan episode psikotik.
  • Masalah di sekolah, termasuk kesulitan bergaul dengan orang lain, ketidaktaatan pada aturan, dan sering membolos.
  • Masalah dengan hukum. Mereka yang lahir dengan FAS mungkin memiliki masalah mengendalikan kemarahan dan frustrasi, dan masalah memahami motif orang lain. Hal ini dapat menyebabkan perilaku kekerasan. Akibatnya, remaja dan orang dewasa dengan FAS lebih mungkin untuk terlibat dengan sistem peradilan pidana. Orang-orang dengan FAS juga dapat sangat rentan terhadap persuasi dan manipulasi, yang dapat menyebabkan keterlibatan tanpa disadari dalam kegiatan ilegal.
  • Penyalahgunakan obat terlarang dan penyalahgunaan alkohol. Lebih dari sepertiga dari mereka dengan FAS memiliki masalah yang memerlukan rawat inap untuk obat terlarang dan/ atau penyalahgunaan alkohol.
  • Kesulitan bertahan untuk satu pekerjaan dan hidup secara mandiri.

Penyebab
FAS disebabkan oleh penggunaan alkohol selama kehamilan oleh wanita hamil. Alkohol yang diminum wanita hamil akan berjalan melalui aliran darah dan melalui plasenta ke janin, atau menuju ke bayi yang sedang berkembang. Tubuh kecil janin memecah alkohol lebih lambat dari tubuh orang dewasa. Jadi tingkat alkohol dalam darah janin lebih tinggi daripada di darah ibu, dan alkohol tetap ada dalam darah janin. Paparan ini alkohol terhadap janin menyebabkan FAS.

Wanita yang sering minum (empat atau lima kali minum minuman beralkohol per hari) sangat meningkatkan kemungkinan bahwa bayi mereka akan memiliki FAS. Namun, tidak ada jumlah penggunaan alkohol selama kehamilan telah terbukti aman. Efek dari FAS juga dapat dilihat pada anak-anak yang ibunya minum hanya sedikit selama kehamilan. Rata-rata hanya satu kali minum per hari dapat meningkatkan risiko bayi FAS.

Baca Juga:  Fetal Alcohol Syndrome (FAS) - Penanganan dan Pencegahan

Tes dan prosedur diagnostik
Tidak ada tes diagnostik definitif ada untuk mengidentifikasi FAS. Diagnosis tergantung pada keahlian seorang pengasuh dengan karakteristik spesifik yang terkait dengan FAS. Para ahli berpikir bahwa, sebagai akibatnya, FAS secara luas kurang terdiagnosis.