Kondisi Payudara yang Bisa Memicu Risiko Kanker

DokterSehat.com – Pertumbuhan kanker payudara dalam tubuh bisa dipengaruhi dari faktor internal maupun eksternal. Kondisi tertentu di bagian payudara ternyata juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.



Menurut situs Breastcancer.org risiko berkembangnya kanker payudara bisa mengalami peningkatan akibat beberapa diagnosis yang berkaitan dengan kondisi payudara seperti pertumbuhan yang melebihi normal. Ada beberapa jenis pertumbuhan sel payudara yang berhubungan dengan peningkatan risiko kanker.

Salah satu kondisi berbahaya adalah tumbuhnya sel normal secara berlebihan. Umunya kondisi ini disebut pertumbuhan luka tanpa atypia. Pada keadaan ini sel di bagian saluran ASI atau lobula mengalami pertumbuhan lebih cepat ketimbang pertumbuhan normal.

Tapisel yang tumbuh masih tampak dan dikategorikan sebagai sel normal. Kondisi ini mempunyai berbagai nama seperti ductal hyperplasia (tanpa atypia), papiloma, sclerosing adenosis, fibroadenoma kompleks, atau luka radiasi. Bila Anda didiagnosis mengalami kondisi tersebut maka risiko kanker payudara yang Anda miliki mencapai dua kali lipat.

Kondisi lain yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara adalah pertumbuhan sel yangnampak tidak normal yang disebut atypical ductal hyperplasia dan atypical lobular hyperplasia. Kondisi mampu meningkatkan risiko mengalami kanker payudara hingga 4-5 kali lebih tinggi dari risiko normal.

Kondisi lobular carcinoma in situ (LCIS) yakni pertumbuhan sel abnormal yang terjadi pada daerah lobula jugadapat meningkatkan risiko kanker payudara sampai sebelas kali lebih tinggi ketimbang risiko  rata-rata.

Periksakan diri Anda sekarang juga dan konsultasikan pencegahannya dengan dokter.