Kondisi Mulut Kita Bisa Menandakan Apakah Sudah Terkena Diabetes atau Tidak

DokterSehat.Com– Diabetes disebabkan oleh kondisi kadar gula darah sudah melebihi batas normal. Jika hal ini terjadi, proses penyembuhan luka pada tubuh pun akan mengalami gangguan dan memicu masalah kesehatan pada pembuluh darah serta jantung. Untuk mencegah kedatangannya, kita bisa melakukan deteksi dini diabetes. Tak hanya dengan melakukan tes kadar gula darah, kita juga bisa mengecek kondisi mulut kita untuk menentukan apakah kita terkena diabetes atau tidak.

doktersehat-konsultasi-mulut-gigi

Mulut kering
Jika mulut kita cenderung lebih kering dalam waktu yang lama, maka bisa jadi hal ini adalah tanda dari masalah diabetes pada tubuh. Minimnya jumlah air liur bisa menyebabkan bakteri semakin banyak berkembang biak di dalam mulut dan akhirnya memicu masalah kesehatan lain seperti gigi berlubang atau masalah gusi.

Masalah gigi, gusi, dan air liur
Jika kadar gula darah dalam tubuh sudah dalam kondisi tak bisa lagi dikendalikan, maka produksi air liur pun akan terpengaruh. Air liur juga kaya akan kandungan gula yang disukai oleh bakteri penyebab infeksi pada gusi, gigi, hingga kelenjar air liur.

Mulut mengalami infeksi jamur
Mereka yang menderita diabetes cenderung lebih rentan terkena masalah infeksi jamur, khususnya yang berjenis candida. Tanda dari infeksi jamur ini adalah adanya plak putih pada mulut dalam jumlah yang banyak.

Mulut yang terluka cenderung sulit untuk sembuh
Penderita diabetes memang cenderung kesulitan untuk menyembuhkan luka pada tubuhnya dengan cepat. Karena alasan inilah luka pada mulut penderita diabetes juga cenderung tak kunjung segera sembuh.

Mengingat diabetes termasuk dalam penyakit yang sangat mematikan, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika sudah sampai mengalami gejala kesehatan di mulut ini agar bisa mendapatkan solusi kesehatan yang tepat.