Demam – Kondisi Medis Khusus yang Menyebabkan Demam

Penyebab lain demam pada orang dewasa adalah sebagai berikut.

doktersehat-flu-singapura-hand-foot-mouth-disease-antraks-kanker

Kondisi medis khusus
Banyak orang memiliki penyakit medis yang mencegah sistem kekebalan tubuh mereka (sistem pertahanan tubuh) untuk bekerja secara normal. Hal ini dapat membuat lebih mudah bagi infeksi penyebab demam untuk menyerang tubuh mereka. Bergantung pada penyakitnya, mungkin sulit menemukan sumber demam. Demam pada seseorang dengan kemampuan terbatas untuk melawan infeksi bisa sangat berbahaya. Penyakit pembuluh darah kolagen dan penyakit autoimun (misalnya, lupus eritematosus sistemik, rheumatoid arthritis, polyarteritis nodosa) dapat dikaitkan dengan demam. Banyak penyakit sistem kekebalan tubuh menghasilkan demam, karena peradangan.

Berikut ini adalah penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh:

  • Kanker
  • Dalam perawatan kanker
  • Obat imunosupresif, seperti obat untuk transplantasi organ
  • Terapi steroid untuk waktu yang lama
  • HIV
  • Usia lebih tua dari 65 tahun
  • Tidak adanya limpa (setelah operasi pengangkatan limpa)
  • Sarkoidosis (suatu kondisi yang ditandai dengan bentuk peradangan yang tidak biasa, yang menyebabkan pembentukan sesuatu yang disebut granuloma, yang mungkin terjadi di manapun di tubuh)
  • Lupus
  • Malnutrisi
  • Diabetes
  • Penggunaan alkohol berat atau narkoba

Setiap orang dengan salah satu penyakit atau kondisi ini dan demam harus menemui dokter atau pergi ke unit gawat darurat rumah sakit sesegera mungkin. Tindakan cepat bisa menyelamatkan nyawa seseorang.

Kondisi medis lain yang melibatkan demam tidak biasa karena penyebabnya tidak diketahui atau tidak dapat dijelaskan (walaupun penyebabnya dapat ditemukan di kemudian hari) disebut FUO (fever of unknown origin/ demam dengan asal yang tidak diketahui). FUO didefinisikan sebagai suhu yang lebih besar dari 101°F (38,3°C) pada beberapa kali kesempatan, dengan durasi lebih dari tiga minggu dari penyakit demam tersebut, dan kegagalan untuk mencapai diagnosis meskipun dilakukan penyelidikan intensif, yang oleh beberapa peneliti dianggap sebagai pasien yang selama satu minggu rawat inap untuk menjalani investigasi terkait penyebab demamnya. Akhirnya, FUO ditemukan disebabkan oleh infeksi, kanker, penyakit pembuluh darah kolagen, dan berbagai penyakit lain-lain seperti abses pada organ tubuh, infeksi parasit yang tidak jelas, dan kanker okultisme. Sayangnya, beberapa kasus FUO juga tidak menemukan diagnosis, terlepas dari evaluasi ahli dan banyak tes.

Baca Juga:  Laringitis - Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Kondisi medis khusus lainnya melibatkan regulasi hipotalamus. Neurotransmiter dan hormon (misalnya, hormon tiroid) bekerja melalui mekanisme umpan balik untuk membantu fungsi hipotalamus. Jika keseimbangan umpan balik yang halus ini terganggu, hipotalamus mungkin mengalami malfungsi dalam banyak hal, salah satunya adalah menaikkan suhu tubuh inti ke tingkat demam. Badai tiroid (juga disebut tirotoksikosis) adalah keadaan darurat medis dimana demam mencapai sekitar 105,8°F (41°C).