Kondisi Kesehatan Ternyata Bisa Diprediksi Melalui Bulan Kelahiran

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Alicante University di Spanyol berhasil menemukan fakta menarik tentang bulan kelahiran manusia. Tidak disangka, bulan kelahiran kita ternyata bisa memprediksi kondisi kesehatan kita di masa depan dan membuat kita mengetahui penyakit apa saja yang lebih beresiko menyerang tubuh kita. Seperti apakah penjelasannya?

doktersehat-sakit-infus-tangan

Dalam penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Medicina Clinica ini, para peneliti melibatkan sekitar 30 ribu orang untuk mengetahui kaitan antara bulan kelahiran dengan kondisi kesehatan tubuh. Para peneliti berpikir bahwa bulan kelahiran bisa menentukan kondisi tubuh seseorang karena pada setiap musim memiliki sinar matahari yang berbeda sehingga bisa menyebabkan virus yang muncul juga berbeda-beda.

Penulis penelitian bernama Profesor Jose Antonio Quesada menyebutkan bahwa jika seseorang terlahir di musim hujan atau musim dingin yang lebih sedikit sinar mataharinya, maka lingkungan tempat tinggalnya juga cenderung lebih lembab sehingga menyebabkan lebih banyak paparan virus dan bakteri. Berikut adalah berbagai penyakit yang dikaitkan dengan bulan kelahiran kita.

Januari: Kaum pria yang terlahir di bulan ini cenderung lebih mudah terkena sakit maag dan sakit pinggang. Bagi kaum hawa, mereka cenderung lebih beresiko terkena serangan jantung, migraine, hingga gangguan menopause.

Februari: Pria yang terlahir di bulan ini lebih mudah terkena masalah osteoarthritis, penyakit jantung, dan masalah pada kelenjar tiroid. Bagi wanita, mereka lebih mudah terkena gangguan thrombosis.

Maret: Pria yang terlahir di bulan ini lebih mudah terkena asma, katarak, dan penyakit jantung. Untuk wanita, mereka lebih rentan terkena rematik, arthritis atau nyeri sendi, dan konstipasi.

April: Pria yang lahir di bulan ini lebuh mudah terkena osteoporosis, asma, dan gangguan kelenjar tiroid. Bagi wanita, mereka lebih rentan terkena bronchitis, tumor, serta osteoporosis.

Mei: Pria yang lahir di bulan ini lebih mudah terkena asma, depresi, serta diabetes. Bagi wanita, mereka lebih mudah terserang osteoporosis, konstipasi, serta alergi kronis.

Juni: Pria yang lahir di bulan ini lebih mudah terkena katarak, penyakit jantung, serta bronchitis. Bagi wanita, mereka lebih mudah terkena arthritis, inkontinensia urine, serta rematik.

Juli: Pria dan wanita yang lahir di bulan ini lebih rentan terkena asma, arthritis, sakit leher kronis, serta tumor.

Agustus: Pria yang lahir di bulan ini lebih mudah terkena osteoporosis, masalah kelenjar tiroid, serta asma. Untuk wanita, mereka lebih rentan terkena rematik, arthritis, dan masalah thrombosis.

September: Mereka yang lahir di bulan ini cenderung lebih jarang terkena penyakit kronis namun ada kemungkinan terkena osteoporosis dan kelenjar tiroid. Pria akan lebih beresiko terkena asma dan wanita lebih beresiko terkena tumor.

Oktober: Pria yang lahir di bulan ini lebih beresiko terkena migraine dan masalah kelenjar tiroid. Wanita yang lahir di bulan ini cenderung lebih mudah terkena anemia dan masalah kadar kolesterol tinggi.

November: Pria yang lahir di bulan ini lebih mudah terkena penyakit kulit kronis, penyakit jantung, dan masalah kelenjar tiroid. Bagi wanita, mereka harus mewaspadai serangan jantung, varises, dan konstipasi.

Desember: Pria yang lahir di bulan ini lebih beresiko terkena katarak, depresi, serta masalah jantung. Untuk wanita, mereka lebih beresiko terkena asma, thrombosis, serta bronchitis kronis.