Kondisi Kesehatan Ini Mengintai Anda Jika Mengalami Obesitas

DokterSehat.Com – Obesitas tidaklah hanya berkaitan dengan bentuk tubuh yang menjadi tidak ideal dan kandungan lemak yang sangat berlebihan di dalam tubuh. Banyak pakar kesehatan yang berkata jika obesitas akan berakibat pada masalah yang berkaitan dengan diabetes atau bahkan resiko yang lebih tinggi mendapatkan penyakit jantung. Selain itu, obesitas ternyata juga bisa berdampak pada berbagai masalah kesehatan lain. Masalah kesehatan apa sajakah yang bisa mengintai jika kita mengalami obesitas?

doktersehat-gendut-perut

Selain organ jantung, beberapa organ lain layaknya ginjal, hati, atau bahkan empedu ternyata bisa mengalami masalah kesehatan jika kita mengalami obesitas. Lemak yang berlebihan dalam tubuh tentu saja bisa berpengaruh besar dalam banyak organ. Lemak yang masuk dalam peredaran darah tentu akan berpotensi membuat hambatan pada banyak pembuluh darah dan membuat resiko terkena stroke menjadi lebih tinggu. Selain itu, lemak yang semakin berlebihan dalam tubuh yang jarang bergerak tentu akan membuat tubuh menjadi tidak sehat dan memicu beberapa masalah kesehatan seperti kanker atau bahkan gangguan kehamilan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obesitas memicu banyak sekali masalah kanker, khususnya bagi kaum wanita. Bahkan sebuah penelitan dari The National Cancer Institute menunjukkan bahwa dari 50 ribu perempuan, terdapat setidaknya 34 ribu kasus kanker yang dipicu oleh masalah obesitas. Bagi ibu hamil, masalah obesitas ternyata bisa menambah resiko kelahiran prematur, khususnya jika indeks masa tubuh bertambah hingga 35 persen dari kondisi normal. Selain kehamilan, wanita yang mengalami obesitas juga berpotensi sulit untuk hamil karena mendapatkan ovarium polikistik.

Obesitas juga bisa memicu masalah sakit kepala berupa migrain. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins menunjukkan bahwa mereka yang bisa mengalami obesitas bisa mengalami migrain secara rutin. Bahkan, 81 persen penderita migrain bisa mengalami migrain hingga 14 kali dalam satu bulan saja. Selain itu, obesitas akan membuat kualitas tidur menjadi sangat buruk dengan mengalami sleep apnea atau kesulitan bernafas saat tidur.

Baca Juga:  Bayi Ini Harus Dilahirkan Dua Kali, Kok Bisa?