Kondisi Kesehatan Berikut Ini Bisa Membuat Kita Mudah Merasa Lapar

DokterSehat.Com – Lapar adalah salah satu mekanisme tubuh yang wajar saat perut sedang kosong dan membutuhkan asupan energy tambahan. Biasanya, setelah mengkonsumsi makanan berat, perut akan segera kenyang dan terasa nyaman. Namun, kadangkala kita masih merasa belum kenyang dan masih ingin mengkonsumsi camilan meskipun sebenarnya kita sudah cukup banyak makan. Apakah ada kondisi kesehatan yang menyebabkan kita mudah merasa lapar?

doktersehat-lapar-tengah-malam

Terkena stress

Pakar kesehatan menyebutkan jika salah satu penyebab kita terus merasa lapar meskipun sudah kenyang adalah munculnya stress. Dengan adanya stress, tubuh akan memproduksi hormone kortisol dengan jumlah yang sangat tinggi dan hal ini bisa memicu tubuh terus merasa lapar. Karena alasan inilah banyak pakar diet yang selalu menyarankan kita mengendalikan stress andai ingin menurunkan berat badan.

Kondisi tubuh kegemukan

Tahukah anda, semakin gemuk tubuh kita, kita juga akan cenderung semakin mudah terasa lapar? Hal ini disebabkan karena terjadi lonjakan kadar insulin pada tubuh yang ternyata ikut menaikkan rasa lapar dan ingin selalu mengkonsumsi makanan.

Hipertiroidisme dan juga hipoglikemia

Hipertiroidisme atau kondisi dimana produksi hormone tiroid terjadi dengan berlebihan dan tidak normal ternyata juga bisa membuat tubuh kita mudah lapar. Selain itu, kondisi hipoglikemia, atau kondisi dimana kadar gula darah menurun dengan drastis, tentu akan membuat tubuh membutuhkan asupan makanan yang banyak agar bisa diolah menjadi energy.

Dehidrasi

Kadangkala, rasa haus yang melanda tubuh disalahartikan oleh otak sebagai sinyal kelaparan sehingga kita justru ingin mengkonsumsi banyak makanan. Karena alasan inilah ada baiknya kita mencukupi asupan air dalam sehari agar tidak mudah mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

PMS

Kondisi sebelum menstruasi ternyata memang membuat fluktuasi kadar hormone dalam tubuh wanita yang akan membuat kita menjadi lebih mudah lapar.