Kondisi dan Warna Kuku Bisa Indikasikan Penyakit Berbahaya

DokterSehat.Com – Kuku yang selalu tumbuh seumur hidup sering kali diabaikan kebersihannya. Cobalah anda cek kuku anda sekarang, apakah sudah berada dalam kondisi yang panjang? Atau jangan-jangan di dalam kuku juga terdapat banyak kotoran yang telah lama tidak dibersihkan? Kuku yang tidak dirawat bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, baik dalam menyebabkan berbagai macam penyakit atau bahkan menyebabkan masalah pada kuku itu sendiri.

doktersehat-kuku-patah-kuteks

Macam-macam Warna Kuku dan Indikasi Penyakit
Masalah pada kuku kerap kali berkaitan dengan warna kuku yang tidak sesuai dengan warna alami kuku, yakni merah muda. Warna kuku merah muda mengindikasikan kuku dalam kondisi yang sehat. Namun, beberapa orang justru memiliki warna kuku yang berbeda dan bisa menjadi indikasi dari berbagai gangguan kesehatan atau bahkan penyakit berbahaya. Sebagai contoh, kuku yang berwarna putih dengan bagian ujung atas yang gelap ternyata bisa menjadi penanda gangguan pada organ hati. Penderita hepatitis biasanya memiliki warna kuku putih ini. Selain itu, kuku yang memiliki warna kebiru-biruuan ternyata menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan pasokan oksigen. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh penyakit pneumonia. Jika warna kebiruan ini hanya muncul pada area ujung bawah, maka hal ini adalah tanda dari penyakit diabetes. Kuku anda berwarna kekuningan? Warna kuning ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada kuku itu sendiri karena adanya infeksi jamur atau bahkan indikasi penyakit berbahaya layaknya penyakit tiroid, penyakit paru-paru, penyakit diabetes, hingga masalah psoriasis. Kuku yang terinfeksi jamur biasanya akan membuatnya rapuh namun cenderung lebih tebal.

Selain warna, kuku juga bisa menjadi sangat kasar, berkerut, dan mudah retak. Penderita psoriasis bisa mengalami kondisi kuku seperti ini. Namun, jika kuku yang kasar dan retak ini ditambah dengan warna yang cenderung merah dan kecoklatan dan kondisi yang sangat kering, maka bisa jadi ini adalah gejala penyakit tiroid. Disamping itu, kuku yang cenderung putih juga bisa menjadi pertanda bahwa anda memiliki masalah pada jantung, hati, terkena penyakit anemia, hingga masalah gizi buruk.