Skizofrenia – Komplikasi, Tantangan, dan Kehamilan

doktersehat-Depresi-Postpartum-Baby-Blue-Syndrome-Skizofrenia

Berikut adalah beberapa komplikasi yang disebabkan oleh penderita skizofrenia:

Bunuh diri dan skizofrenia

Bunuh diri adalah penyebab nomor satu kematian dini pada pasien yang mengidap skizofrenia. Penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan dan bagaimana pasien bereaksi ketika sedang memulai mencoba bunuh diri.

Penyalahgunaan zat, nikotin, & skizofrenia

Penyalahgunaan zat dapat mengganggu pengobatan skizofrenia karena penggunaan narkoba mengacaukan sistem neurotransmiter di otak.

Kekerasan perilaku & skizofrenia

Pengidap skizofrenia rentan terhadap kekerasan. Biasanya penderita lebih memilih untuk dibiarkan sendiri. Terkadang, penderita juga berpotensi untuk melukai orang-orang di sekitar dan merusak barang-barang di rumah.

Tantangan

Pada tempat kerja

Pengidap skizofrenia sering mengalami kesulitan menemukan atau mempertahankan pekerjaan. Hal ini sebagian karena penyakit memengaruhi pemikiran, konsentrasi, dan komunikasi. Tetapi juga berasal dari kenyataan bahwa gejala mulai pada usia dewasa muda, ketika banyak orang yang memulai karir mereka. Pelatihan kejuruan dapat membantu orang mengembangkan keterampilan kerja praktis.

Ketika penderita skizofrenia jatuh cinta

Hubungan bisa menjadi sulit untuk orang-orang dengan skizofrenia. Pikiran dan perilaku yang tidak biasa dapat membuat teman-teman, rekan kerja, dan anggota keluarga pergi. Pengobatan dapat membantu. Salah satu bentuk terapi berfokus pada membentuk dan memelihara hubungan. Jika Anda dekat dengan seseorang yang memiliki skizofrenia, Anda mungkin ingin bergabung dengan kelompok pendukung atau mendapatkan konseling sendiri, sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka alami.

Kehamilan

Wanita pengidap skizofrenia yang berencana untuk hamil harus berbicara dengan dokter mereka untuk memastikan bahwa obat mereka aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Penelitian tentang keamanan obat skizofrenia selama kehamilan telah menunjukkan hasil yang baik. Meskipun tidak ada hubungan yang pasti antara obat untuk skizofrenia dan cacat lahir atau komplikasi kehamilan yang serius, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Sulit untuk meyakinkan penderita skizofrenia untuk mencari pengobatan. Pengobatan sering dimulai ketika gejala telah lebih berat sehingga penderita harus berada di rumah sakit jiwa. Setelah penderita tersebut stabil, anggota keluarga dapat melakukan hal-hal untuk membantu mencegah kekambuhan:

  • Mendorong orang untuk tetap meminum obat
  • Menemani penderita untuk berobat dan mengawasi minum obat
  • Tetap mendukung dan menghormati penderita
Skizofrenia: 1 2 3 4 5 6
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik