Irritable Bowel Syndrome (IBS) – Komplikasi, Pencegahan, dan Prognosis

Komplikasi yang dapat terjadi pada penderita Irritable Bowel Syndrome(IBS)

doktersehat-pria-pinggang-besar-kanker-prostat-Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-diabetes-kutil-kelamin-konsultasi

IBS memiliki sedikit komplikasi yang terkait. IBS tidak menyebabkan pendarahan dubur, kanker usus besar, atau penyakit inflamasi usus termasuk kolitis ulserativa. Diare dan konstipasi bisa memperparah wasir pada orang yang sudah memilikinya. Namun, jika memang diare terus menerus menjadi gejala, maka orang tersebut akan kekurangan nutrisi untuk tubuhnya.

Efek pada kualitas hidup seseorang adalah komplikasi terbesar IBS. Stres dan kecemasan bisa berakibat dari rasa sakit, dan bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari seseorang.

Bisakah Irritable Bowel Syndrome (IBS) dicegah?
Ikuti rekomendasi diet dan gaya hidup seperti yang diuraikan di atas, dan seperti yang didiskusikan dengan dokter Anda. Menghindari pemicu adalah cara terbaik untuk mencegah gejala IBS.

Apa prospek untuk orang dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS)?
Karena ini adalah penyakit kronis (jangka panjang), gejala biasanya kembali dari waktu ke waktu. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti stres, diet, atau penyebab lingkungan lainnya. Tidak dketahui obat pasti untuk IBS. Beberapa faktor mungkin berperan dalam memperparah IBS, jadi sulit untuk memprediksi pemicu apa yang bisa membuat IBS lebih buruk pada orang tertentu. Membentuk hubungan yang baik dengan profesional layanan kesehatan dapat membantu meringankan kekhawatiran akan gejala dan memungkinkan pengenalan cepat terhadap perubahan tubuh atau jika ada gejala yang memburuk.