Jika Dibiarkan, Asam Urat Bisa Berlanjut Menjadi Penyakit Ini

doktersehat-sendi-otot

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia adalah asam urat. Penyakit yang menyerang persendian ini bisa memicu rasa nyeri yang luar biasa. Sensasi nyeri ini disebabkan oleh kristal asam urat yang mengendap dalam jumlah yang banyak dan akhirnya menusuk area persendian. Jika penyakit ini dibiarkan dan tidak segera ditangani, maka hal ini akan berlanjut menjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Masalah kesehatan pertama yang akan terjadi jika asam urat tak kunjung diobati adalah kerusakan pada persendian. Kadar asam urat yang tidak terkontrol dan terus meningkat bisa memicu rasa kaku pada persendian. Dalam beberapa kasus, persendian bahkan bisa benar-benar tidak bisa lagi digerakkan.

Yang tidak disangka adalah, masalah asam urat jika dibiarkan ternyata juga bisa memicu masalah gagal ginjal. Hal ini disebabkan oleh kristal asam urat yang semakin menumpuk juga akan terkumpul di ginjal. Jika hal ini terjadi, fungsi ginjal akan terganggu dan akhirnya mempengaruhi sistem kesehatan tubuh secara keseluruhan mengingat fungsinya untuk menyaring berbagai macam hal yang ada di dalam tubuh.

Jika tidak kunjung diobati, masalah asam urat ternyata juga bisa berlanjut menjadi gangguan pada organ jantung. Kristal asam urat ternyata bisa ikut menyumbat pembuluh darah koroner. Menurut sebuah penelitian, disebutkan bahwa menderita asam urat ternyata mampu meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner hingga dua kali lipat.

Melihat adanya fakta ini, penderita asam urat memang harus rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter dan menjaga pola makannya sehingga tidak sampai mengalami gangguan kesehatan yang jauh lebih serius.