Kompleks Tuberous Sclerosis – Penyebab dan Gejala

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

DokterSehat.Com– Kompleks tuberous sclerosis (TSC) adalah suatu kondisi ketika sel-sel Anda tidak berhenti membelah meskipun seharusnya berhenti dan terjadi di semua sel tubuh. Ini berarti Anda mendapatkan tumor di banyak tempat di dalam tubuh Anda. Sel-sel tersebut bukanlah kanker, tetapi mereka bisa menyebabkan masalah di mana mereka tumbuh. Ada perawatan yang tersedia yang dapat mengecilkan tumor dan membuat Anda lebih nyaman.

Setiap kasus berbeda. Anda mungkin mendapatkan TSC di bagian-bagian tertentu dari tubuh Anda, dan TSC dapat memengaruhi orang lain secara berbeda. Tumor dapat terlihat seperti pola tebal atau cahaya pada kulit Anda, dan jika mereka berada di paru-paru Anda, mereka dapat menyebabkan masalah pernapasan. Perawatan dapat membantu Anda mengelola gejala dan menjalani hidup mandiri. Sekitar 1 juta sampai 2 juta orang di seluruh dunia memiliki kondisi ini.

Penyebab Kompleks Tuberous Sclerosis

Anda mendapatkan TSC karena terdapat masalah dalam gen Anda. Bagi kebanyakan orang, hal itu disebabkan oleh perubahan yang terjadi ketika sel-sel Anda pertama hadir secara bersama-sama ketika masih dalam kandungan atau ketika Anda masih berupa embrio.

Sekitar sepertiga dari orang mewarisi TSC dari orangtua. Jika salah satu orangtua Anda memiliki itu, Anda memiliki kesempatan 50 persen untuk mendapatkannya.

Gejala Kompleks Tuberous Sclerosis

Gejala biasanya muncul awal, tak lama setelah lahir. Tapi mereka juga dapat muncul di kemudian hari. Gejala Anda tergantung pada berapa banyak tumor yang Anda miliki, seberapa besar mereka, dan di mana mereka berada. Bila Anda memiliki TSC, semua itu dapat mengubah seluruh hidup Anda.

  • Tumor di ginjal bisa menyebabkan ginjal berhenti dari aktivitas yang seharusnya. Mereka juga dapat menyebabkan perdarahan di dalam tubuh Anda atau tekanan darah tinggi.
  • Tumor di hati Anda biasanya terjadi ketika Anda masih muda, dan mereka menyusut dari waktu ke waktu. Tapi mereka dapat memblokir aliran darah atau menyebabkan masalah pada irama jantung Anda.
  • Tumor paru-paru membuat Anda sesak napas, bahkan setelah olahraga ringan. Mereka juga dapat menyebabkan batuk atau membuat kolaps paru Anda.
  • Tumor di otak Anda bisa menyebabkan:
    • Kejang, ringan pada awalnya
    • Perubahan perilaku, seperti amarah, kecemasan, atau masalah tidur
    • Mual atau sakit kepala
    • Autisme dan perkembangan lambat
  • Tumor di mata membuat Anda melihat ganda atau memberikan pandangan kabur.
  • Di area lain pada tubuh Anda, mungkin memiliki bercak warna kulit yang berbeda dan pertumbuhan warna kulit yang lebih gelap atau terang yang mungkin terlihat seperti kutil.
  • Di mulut Anda, kompleks tuberous sclerosis dapat melemahkan enamel pada gigi Anda dan membuat gusi tumbuh membesar.

Kompleks Tuberous Sclerosis – 1 2 3