Komentar Negatif yang Sering Didapat oleh Ibu Menyusui

doktersehat-ibu-menyusui

DokterSehat.Com– Menyusui merupakan hal alamiah yang terjadi pada ibu dan bayi. Namun kenyataannya, tidak semua ibu mengalami kemudahan saat menyusui. Terkadang hal ini memicu komentar dari orang lain yang membuat ibu patah semangat. Tak perlu khawatir Mom, tidak semua saran atau komentar orang lain terbukti kebenarannya dan perlu didengarkan

Komentar yang sering dilontarkan pada ibu menyusui

Beberapa komentar yang sering didapat oleh ibu menyusui ketika mengalami kesulitan saat menyusui antara lain:

1. “Payudaramu kecil sih, pasti ASI-nya sedikit”

Tekadang ada yang berkomentar demikian ketika ibu merasa kesulitan menyusui atau melihat si kecil rewel menangis terus. Faktanya, ukuran payudara tidak berpengaruh pada produksi ASI. Ukuran payudara yang kecil juga dapat menghasilkan ASI yang banyak, demikian juga sebaliknya. Produksi ASI dipengaruhi banyak hal, salah satunya banyaknya kelenjar ASI di dalam payudara dan hal ini tidak dipengaruhi oleh ukuran payudara.

2. “Puting terbenam gitu pasti susah menyusui”

Salah satu kendala saat menyusui adalah adanya gangguan pada puting sepertu puting rata atau puting terbenam. Bagi Anda yang memiliki puting terbenam tidak perlu khawatir bahwa Anda tidak bisa menyusui. Anda bisa mengatasi puting terbenam dengan nipple puller untuk memancing puting keluar sehingga mempermudah menyusui.

3. “Bayimu rewel, pasti kurang ASI ya?”

Penyebab bayi rewel ada beragam, termasuk salah satunya adalah bayi lapar dan perlu menyusu. Namun hal ini bukan berarti si kecil kekurangan ASI. Jika ibu sudah menyusui bayi sesuai jadwal hariannya dan bayi tampak kenyang, tak perlu khawatir bayi kekurangan ASI. Bayi yang rewel bisa jadi karena popoknya penuh, kegerahan atau kedinginan, kembung, dan beberapa penyebab lainnya.

4. “Bayimu kok nyusu terus sih?”

Ungkapan ini biasanya dilontarkan ketika melihat si kecil sering menyusu dalam waktu dekat. Sebenarnya hal ini adalah hal yang wajar mengingat bayi dengan ASI memang cepat lapar. Tak perlu khawatir, kondisi ini memang terbilang normal kok.

5. “Cara menyusuinya masih salah tuh, pantes aja ASI-nya gak keluar”

Komentar di atas memang membuat sakit hati ya Mom, namun bisa jadi komentar tersebut ada benarnya. Sebaiknya periksa pelekatan pada bayi agar proses menyusui menjadi lebih mudah. Cara pelekatan yang benar adalah tidak ada suara saat bayi menyusui, bibir bayi tampak monyong saat menyusui dan pipi bayi yang menyusu tampak menggembung.

Komentar-komentar negatif tersebut sangat mungkin didengar dari orang-orang yang berada di sekitar kita. Namun seperti uraian di atas, tidak semua komentar tersebut terbukti kebenarannya. Selalu konsultasikan kesulitan saat menyusui dengan dokter atau pakar laktasi agar menadapatkan jawaban yang terpercaya. Sedangkan untuk menyikapi komentar orang lain, anggap saja hal tersebut adalah bentuk perhatian pada Anda dan si kecil.

Semangat menyusui ya Mom!