Komedo Ternyata Memiliki Dua Jenis Warna, Lho

DokterSehat.Com – Apa yang akan anda pikirkan begitu mendengar kata komedo? Kita tentu akan langsung berpikir tentang sebuah masalah yang kerap terjadi pada area hidung dimana ada semacam kotoran yang menempel layaknya biji-bijian berukuran kecil yang bisa membuat tampilan wajah kita menjadi sangat buruk. Seringkali komedo yang muncul sangatlah banyak sehingga bisa terlihat sangat mencolok dan menurunkan kepercayaan diri seseorang dengan signifikan. Sebenarnya, dari manakah komedo ini berasal?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Pakar kecantikan menyebutkan jika komedo berasal dari pori-pori yang tersumbat oleh berbagai sel kulit mati dan juga minyak. Namun, tahukah anda jika ternyata ada dua jenis komedo yang bisa muncul pada wajah kita? Kebanyakan dari kita berpikir jika komedo akan berwarna putih saja. Padahal, selain komedo putih, ada juga komedo hitam yang tentu akan terlihat jauh lebih mencolok dan sangat mengganggu penampilan. Perbedaan kedua jenis komedo ini selain dari warnanya adalah dari letak tersumbatnya pori-pori yang memicu munculnya ketombe. Pakar kecantikan yang berasal dari Union Square Laser Dermatology yang bernama Jennifer Chwalek menyebutkan jika komedo putih akan lebih sering terjadi pada pori-pori yang tertutup. Sementara itu, komedo terbuka justru cenderung terjadi pada pori-pori yang terbuka. Komedo yang memiliki warna hitam ini sendiri terjadi karena adanya paparan udara dan juga oksidasi yang membuat sel-sel kulit mati dan minyak akan mengalami perubahan warna menjadi abu-abu atau kehitaman dan terlihat sangat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasi masalah komedo yang sangat mengganggu, apapun jenis warnanya, ada baiknya kita mulai rutin mencuci wajah, khususnya sebelum tidur dengan pembersih yang memakai bahan asam salisilat. Bahan ini diyakini akan sangat efektif mengatasi pengelupasan kulit lembut yang bisa membuat pori-pori terbuka dan memicu penyumbatan yang bisa mengatasi komedo di lain waktu.