Komedo Akan Semakin Parah Jika Disentuh Oleh Tangan

DokterSehat.Com – Selain masalah jerawat atau kulit yang berminyak, banyak orang, khususnya kaum wanita akan mengeluhkan masalah komedo yang akan sangat mengganggu penampilan. Komedo sendiri akan membuat wajah terlihat tidak mulus dan halus. Salah satu jenis komedo yang sangat mengganggu adalah komedo hitam atau komedo terbuka. Komedo hitam sendiri bisa terjadi karena terpapar secara langsung dengan udara yang cenderung kurang bersih. Sebum dan juga udara akan membuat komedo menjadi kehitaman karena adanya penyumbatan pada pori-pori yang tentu akan membuat tampilan wajah semakin memburuk.

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang kurang sabar dalam menghadapi komedo sehingga alih-alih melakukan pengobatan atau pembersihan wajah yang tepat, mereka justru memakai tangan mereka untuk menghilangkan komedo. Alih-alih menyembuhkan komedo, yang terjadi justru komedo menjadi semakin memburuk. Sebagai contoh, kita akan merasa gatal dan langsung menyentuh tangan yang cenderung kotor dan sering bersentuhan dengan banyak benda lain. Bakteri atau kuman yang ada pada tangan tentu akan langsung menyentuh komedo dan membuatnya menjadi lebih buruk. Jika kita menyentuh komedo dengan jari, maka selain komedo lebih mudah terpapar bakteri, komedo pun bisa berubah menjadi benjolan atau jerawat yang lebih parah.

Selain karena sentuhan tangan yang kotor, beberapa hal lain yang sepertinya sepele juga bisa menyebabkan komedo menjadi semakin parah. Sebagai contoh, ada banyak orang yang cenderung jarang membersihkan wajah karena berpikir jika pembersihan di kala mandi sudah cukup kotor. Padahal, kulit kotor adalah tempat paling ideal untuk komedo. Selain di waktu mandi, cobalah untuk membersihkan wajah setidaknya dikala malam sebelum tidur atau di waktu pagi hari. Gunakan pula pembersih komedo yang tepat dan tidak terlalu abrasif karena selain sel-sel kulit mati yang terangkat, pembersih ini justru bisa menyebabkan iritasi yang tentu akan membuat komedo menjadi semakin parah.