4 Kombinasi Smoothies Sehat Untuk Ibu Hamil

doktersehat jus buah
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu merupakan sajian makanan yang sehat dan mampu mendukung kesehatan kehamilan ibu, ya.

Hal ini bisa dengan mudah diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayur sebagai salah satu bahan makanan yang padat akan vitamin dan berbagai zat gizi.

Jika mengonsumsi buah dalam bentuk utuh atau langsung sudah biasa ibu hamil lakukan, maka kini salah satu cara mudah untuk mengonsumsi buah dan sayur adalah dengan mengolahnya menjadi minuman yaitu smoothies.

doktersehat-sayur-sehat-jus

Memilih smoothies bagi ibu hamil akan sangat baik karena mampu mendukung kualitas asupan gizi lebih baik karena sebagian besar bagian buah atau bahan makanan yang digunakan akan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, smoothies dengan kombinasi yang tepat bisa memberikan manfaat berupa pengurangan gejala gangguan saat kehamilan, utamanya adalah mual dan muntah.

Lalu apa saja sih kombinasi smoothies yang tepat untuk ibu hamil?


Smoothies
yang sehat dan mampu memberikan manfaat untuk ibu hamil adalah smoothies yang terbuat dari buah-buahan segar yang padat gizi.

Jangan lupa pastikan bahwa kombinasi smoothies dikonsumsi beragam dan bergantian agar asupan gizi dan vitamin ke dalam tubuh ibu juga beragam.

Inilah empat jenis kombinasi smoothies yang super sehat untuk ibu hamil!

1. Smoothies nanas dan jahe

Smoothies dari nanas tentu sudah cukup segar, ditambah dengan beberapa ruas jahe yang bisa memberikan efek meredakan rasa mual dalam tubuh ibu.

Rasa yang dihasilkan sudah tentu semakin segar. Tambahkan beberapa lembar daun seledri untuk memberi cita rasa segar alami.

doktersehat-nanas-jus-buah

Nanas sebagai bahan baku memiliki kandunga vitamin yang padat yaitu vitamin A dan C yang penting untuk memenuhi vitamin harian ibu hamil.

Selain itu, warna kuning pada nanas menunjukkan kandungan fitonutrien yang tinggi sehingga baik untuk ibu hamil.

2. Smoothies timun dan melon

Smoothies dengan warna hijau menggoda ini tentu sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena memilki rasa yang super segar. Tambahkan satu sendok makan yoghurt rendah lemak tanpa rasa, daun mint, madu, dan perasan lemon untuk memperkaya cita rasa pada smoothies.

Sajian smoothies yang satu ini akan memberikan asupan cairan dan elektrolit yang baik untuk tubuh, ditambah lagi kandungan antioksidan pada buah melon, madu dan lemon akan sangat baik untuk kesehatan kehamilan ibu, bukan?

3. Smoothies jahe dan buah peach

Buah peach memiliki kandungan gizi yang padat dan cocok dipadukan dengan jahe. Lengkapi smoothies agar lebih sehat dengan menambahhkan yoghurt dan sedikit potongan buah mangga manis.

Kombinasi smoothies ini mampu memberikan manfaat berupa asupan gizi yang baik dan meredakan rasa mual pada ibu hamil.

doktersehat_manfaat_jahe
Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

Jika kesulitan mendapatkan buah peach, buah peach kalengan bisa dijadikan pilihan namun pastikan pilih buah kalengan tanpa tambahan banyak gula, ya.

4. Smoothies pisang, yoghurt, dan aprikot

Smoothies buah pisang dengan tambahan yoghurt dan potongan segar buah aprikot sangat tepat dipilih ibu hamil sebagai sajian smoothies di siang hari.

Tambahkan susu dari bahan nabati, misalnya susu kedelai untuk menambahkan kandungan protein kacang-kacangan yang cocok dipadukan dengan pisang dan yoghurt.

doktersehat-pisang

Smoothies ini kaya akan asupan gizi dan antioksidan, dari berbagai perpaduan warna yang ada pada kombinasi buah, serta padat gizi yang penting untuk ibu hamil.

Nah, itu dia empat kombinasi smoothies sehat yang cocok dipilih ibu hamil sebagai alternatif minuman sehat hariannya. Kira-kira smoothies mana yang akan Anda buat terlebih dahulu?