Super, Ini 3 Kombinasi Jus Sederhana yang Ampuh Lawan Hipertensi

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa ada cukup banyak jenis buah atau sayur yang ampuh untuk mengatasi hipertensi, ya?

Mulai dari timun hingga seledri, hal ini tentu menarik karena bahan-bahan makanan yang mampu mengatasi hipertensi adalah bahan makanan yang cukup mudah diperoleh.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa memperoleh manfaat yang maksimal dengan mengombinasikan beberapa jenis bahan makanan tersebut sebagai jus.

doktersehat jus buah
photo credit: Pexels

Hal ini tidak hanya meningkatkan cita rasa yang ada pada jus, namun juga bisa memberikan manfaat berupa turunnya tekanan darah dalam tubuh yang lebih maksimal.

Lantas, apa saja sih kombinasi jus yang sederhana dan ampuh melawan hipertensi?

Kombinasi jus yang tepat untuk melawan hipertensi adalah jus yang terdiri dari 2-3 jenis bahan makanan yang telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah, antara lain timun, belimbing, seledri, apel, dan wortel.

Kelima bahan makanan tersebut adalah makanan yang cenderung mudah diperoleh dan banyak tersedia di pasaran.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, kita bisa membuat beberapa kombinasi sederhana yang super ampuh, diantaranya adalah:

1. Jus apel dan seledri

Kombinasi buah dan sayur yang super ini tidak hanya segar namun juga super nikmat sebagai pilihan minuman di siang hari. Anda bisa membuatnya sebagai jus atau smoothies.

apel-merah-atau-apel-hijau-doktersehat
Photo Credit: Apple and Pear Australia Ltd

Kandungan serat yang tinggi pada apel serta kandungan cairan dan serat yang ada pada seledri yang cukup lengkap, membuat kombinasi apel dan seledri adalah kombinasi yang tepat.

Anda bisa mengonsumsi 1 buah apel ukuran sedang dan 2-3 sendok sayur besar daun dan bagian batang seledri.

daun-seledri-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Rima Nurmala

Sajikan dingin, jika ingin menambahkan cita rasa manis, tambahkan madu atau bubuk kayu manis di atas jus apel dan seledri Anda.

2. Jus belimbing dengan timun

Selain apel, belimbing yang kaya akan kandungan cairan dan jenis serat yang larut air yang cukup lengkap juga menjadi salah satu buah primadona dalam melawan tekanan darah tinggi.
doktersehat-belimbing-jusJus belimibing dan dikombinasikan dengan timun, akan membuat asupan cairan alami dan elektrolit yang lengkap pada bahan makanan, menjadi kombinasi yang ampuh untuk melawan hipertensi.

Doktersehat - Mentimun
Photo Credit: Flickr.com/silva erglis

Anda bisa mengonsumsi masing-masing setengah porsi belimbing, setara dengan 3-4 iris sedang buah belimbing, dan 5-7 iris sedang timun. Agar Anda bisa mendapatkan cita rasa yang unik dan makin segar, tambahkan perasan jeruk nipis dalam jus belimbing dan timun yang Anda buat.

3. Timun dengan seledri

Tidak ada buah? Tenang, Anda masih bisa membuat kombinasi jus anti hipertensi yang super sederhana dan mudah diperoleh, yaitu timun dengan seledri.

Dua bahan makanan yang mengandung cairan dan mineral lengkap ini, merupakan kombinasi yang ampuh melawan hipertensi dengan cukup baik.
doktersehat-sayur-sehat-jusBuat jus dari 5-7 iris timun ukuran sedang dan 2-3 sendok sayur besar seledri bagian daun dan batang, campurkan dengan es batu dan sajikan dingin.

Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau 1 sendok teh madu agar jus timun dan seledri yang Anda buat bisa super nikmat.

Nah, itu dia 3 kombinasi jus yang sederhana dan mudah dibuat. Ketiga kombinasi jus tersebut bisa kita jadikan alternatif jus harian yang bisa kita dirutinkan konsumsinya.

Dengan rutin mengonsumsi ketiga kombinasi jus di atas tentu kita akan dengan mudah memperoleh manfaat maksimal untuk tubuh berupa tekanan darah yang lebih terkontrol, bukan? Jadi, kira-kira Anda tertarik mencoba jus yang mana terlebih dahulu, nih?