Kolesterol Tinggi Ternyata Bisa Menyebabkan Masalah Penglihatan

DokterSehat.Com – Masalah kolesterol tinggi sudah terlanjur sangat identik dengan adanya resiko tinggi terkena penyakit jantung atau stroke. Padahal, masalah kolesterol tinggi juga bisa berimbas pada masalah kesehatan lain pada tubuh. Sebuah penelitian yang dirilis oleh jurnal Archives of Opthalmology menyebutkan jika tingginya kadar kolesterol tubuh ternyata bisa berimbas buruk pada kesehatan penglihatan kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-mata-kerja

Dari penelitian ini, kadar kolesterol yang tinggi yang disertai dengan tingginya tekanan darah ternyata bisa membawa masalah bagi mata kita. Kedua kondisi ini akan menciptakan masalah pada mata yang disebut sebagai oklusi dimana pembuluh vena pada retina mata akan mengalami penyumbatan. Jika satu atau beberapa pembuluh vena yang memiliki tugas membawa darah dari mata ke jantung mengalami penyumbatan, dikhawatirkan hal ini akan berujung pada kebutaan.

Penelitian ini sendiri dilakukan di Irlandia dan menyebutkan fakta dimana jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi, maka resiko mendapatkan oklusi pun akan meningkat hingga 3,5 kali lipat. Sementara itu, tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa memicu peningkatan resiko oklusi hingga 2,5 kali lipat lamanya. Penelitian ini sendiri dilakukan sebagai tindak lanjut dari penelitian lain yang menyebutkan jika dari 63,6 persen partisipan yang mengidap oklusi vena pada retina matanya, dimana ada 2.916 partisipan, ternyata juga memiliki masalah tekanan darah yang tinggi. Sementara itu, persentase pengidap masalah oklusi vena retina yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol mencapai 35 persen.

Selain tekanan darah dan kadar kolesterol yang sangat tinggi, diketahui penyebab masalah kesehatan mata yang seringkali tidak disadari adalah karena adanya penyakit diabetes. Untuk mencegah hal ini terjadi, mau tidak mau tentu kita harus lebih baik dalam menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tinggi yang normal dengan cara mengatur gaya hidup yang jauh lebih baik.