Kolesterol Baik HDL

DokterSehat.Com – Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang diproduksi oleh hati dan sering kali dikenal sebagai sumber penyakit. Padahal kolesterol tidak selamanya buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan sebenarnya tubuh kita sangat membutuhkan kolesterol. Kolesterol sendiri dibagi menjadi dua jenis: Low Density Lypoprotein (LDL) yang sering dikenal sebagai kolesterol jahat dan High Density Lypoprotein (HDL) yang juga disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol baik sangat dibutuhkan oleh tubuh dan sebaiknya kita tingkatkan kadarnya karena bermanfaat bagi kesehatan otak, hati, dan jaringan saraf.

kolesterol baik hdl

Perbedaan Kolesterol Baik HDL dan Kolesterol Jahat LDL
Secara umum jumlah kadar kolesterol berarti jumlah molekul lemak yang beredar didalam darah. Perbedaan utama dari Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat adalah caranya beredar didalam darah. Kolesterol Baik HDL umumnya memiliki kerapatan molekul lemak yang tinggi sehingga molekulnya lebih kecil dan beredar secara lancar melalui saluran perdaran darah. Berbeda dengan Kolesterol Jahat LDL yang memimiliki kerapatan yang cenderung lebih rendah sehingga memiliki molekul yang lebih besar dan meningkatkan resiko penyumbatan saluran peredaran darah.

Manfaat Kolesterol Baik HDL
Salah satu fungsi utama dari kolesterol baik adalah untuk mengumpulkan kelebihan kolesterol jahat LDL yang beredar di pembuluh arteri darah dan mengantarkannya ke organ hati untuk diuraikan. Hal ini berguna untuk menjaga kelancaran saluran pembuluh darah tubuh. Selain itu kolesterol baik juga mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat dalam mencegah aterosklerosis atau pembekuan serum darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu kadar kolesterol HDL yang tinggi (diatas 60) sangat baik untuk kesehatan jantung.

Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik HDL
Seperti halnya kolesterol jahat, kolesterol baik juga didapatkan oleh tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Akan tetapi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik adalah makanan yang umumnya tinggi akan serat, mengandung minyak nabati dan rendah lemak jenuh.

  1. Buah alpukat
    Buah alpukat termasuk dalam makanan yang kaya akan kandungan lemak baik. Dengan mengkonsumsi alpukat, maka kadar kolesterol baik di dalam tubuh kita akan meningkat. Selain itu, kandungan lutein didalam buah ini juga dapat menjaga kesehatan mata dan kandungan antioksidannya dapat mencegah kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Ikan
    Ikan pada umumnya, terutama salmon, sarden, makarel, tuna dan hering kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat. Omega 3 sangat baik bagi pertumbuhan anak, menjaga fungsi otak, dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu, mengkonsumsi ikan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Bahkan sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center menunjukkan fakta menarik bahwa daging ikan yang kaya akan EPA dan DHA mampu menjaga irama jantung kita tetap normal.
  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan bisa dijadikan camilan sehat yang akan mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan resiko serangan jantung dan stroke secara efektif. Kandungan serat dan lemak baik dalam kacang dapat meningkatkan kolesterol baik, sedangkan kandungan sterolnya dapat membatasi penyerapan kolesterol berlebih. Untuk itu disarankan agar kita rutin mengkonsumsi kacang kenari, kacang merah, kacang tanah, dan kacang almond setidaknya satu ons setiap harinya.
  4. Minyak Zaitun
    Kandungan lemak baik pada minyak zaitun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dalam tubuh kita. Minyak zaitun dapat dikonsumsi langsung sebagai tambahan pada salad maupun secara tidak langsung untuk menumis dan menggoreng masakan. Kandungan lemak baik minyak zaitun tetap dapat kita nikmati walaupun tidak dikonsumsi secara langsung melalui masakan.