Kolesterol, Alasan Mengapa Kini Banyak Anak Muda Yang Terkena Serangan Jantung

DokterSehat.Com – Kematian dari penyanyi terkenal Mike Mohede belakangan ini menguak sebuah fakta mengerikan tentang penyakit jantung. Jika pada jaman dahulu penyakit ini dianggap hanya akan menyerang orang tua saja, ternyata kini banyak anak muda yang juga terkena penyakit mematikan ini. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta mengejutkan jika resiko penyakit jantung bagi anak muda cenderung meningkat belakangan ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tanda-serangan-jantung

Dr. Henry McGill yang berasal dari Southwest Foundation for Biomedical Research yang bertempat di San Antonio, Texas, Amerika Serikat, menyebutkan jika  ada sebuah penelitian yang menganalisa tubuh 760 generasi muda yang meninggal akibat penyakit jantung. Dari data penelitian ini, diketahui bahwa penyebab utama dari penyakit jantung ini adalah kolesterol yang menumpuk pada pembuluh darah sehingga menyebabkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri koroner. Adanya fakta ini membuat kini para remaja atau bahkan anak-anak seharusnya sudah mulai melakukan pencegahan penyakit jantung.

Tahukah anda, 20 persen dari orang dewasa yang masih berusia muda (30 hingga 34 tahun) ternyata sudah mengalami penumpukan plak pada pembuluh darah arterinya yang tentu bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena penyakit jantung hingga stroke di kemudian hari. Hal ini dikarenakan kini semakin banyak generasi muda yang menerapkan gaya hidup yang sangat tidak sehat dari konsumsi makanan yang buruk sehingga berimbas pada obesitas, suka merokok, hingga terkena masalah tekanan darah tinggi.

Yang membuat hal ini menjadi lebih parah, para generasi muda cenderung enggan memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter, apalagi hanya untuk menguji kadar kolesterol dalam tubuh mereka. Padahal, dengan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala, kita bisa semakin baik dalam menerapkan gaya hidup yang sehat agar penyakit jantung dan berbagai masalah kesehatan lainnya bisa dicegah.