Kok Bisa Kaki Terkena Kram Saat Tidur?

Kadangkala kita merasa keheranan dengan kondisi kaki yang tiba-tiba terkena rasa sakit karena kram pada saat tidur. Bagaimana tidak, kebanyakan orang akan tertidur dengan kondisi yang sangat nyaman dimana posisi tubuhnya dalam kondisi yang paling rileks sehingga seharusnya tidak akan mudah terkena kram. Kram pada kaki yang terjadi pada malam hari kerap kali terjadi pada area betis, telapak kaki, hingga paha. Otot-otot pada bagian tubuh ini menegang dan kejang sehingga membuat rasa sakit yang bisa membangunkan kita. Sebenarnya, apa sajakah pemicu kram pada kaki di saat kita tertidur?

doktersehat-sakit-kaki-keseleo-mata-kaki

Ada banyak sekali pemicu kaki terkena kram dikala waktu tidur. Salah satunya adalah jika kita terpapar udara dingin layaknya dari pendingin ruangan atau kipas angina. Selain itu, jika posisi kaki kita kurang nyaman di saat tidur karena tempat tidur yang keras atau kekecilan juga bisa memicu masalah ini. Namun, kram pada kaki juga bisa terjadi karena kondisi kesehatan layaknya karena adanya gangguan pada sirkulasi darah, penyakit pada organ ginjal, gangguan pada tiroid, hingga multiple sclerosis. Selain itu, jika tubuh sedang dalam kondisi kekurangan asupan potassium, kalsium, dan beberapa mineral lain dalam darah juga bisa memicu kram pada kaki. Hanya saja, kram pada kaki kerap kali terjadi karena kita kurang asupan air putih dan saat mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu layaknya pil kontrasepsi.

Jika kram sudah terlanjur menyerang, kita bisa mencoba untuk melakukan peregangan dan memijat pada bagian otot yang terkena kram. Selain itu, cobalah untuk minum air putih dengan cukup untuk menurunkan rasa nyeri yang diakibatkan oleh kram. Jangan hanya duduk di ranjang, cobalah untuk bangkit dan langkahkan kaki untuk berjalan atau berjingkat agar kram bisa segera mereda. Jika perlu, kompres bagian yang terkena kram dengan air hangat.